SURABAYA TODAY – Parade Merah Putih yang digelar di Jembatan Suramadu berlangsung meriah. Bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter membentang di Jembatan penghubung Kota Surabaya dan Pulau Madura ini.

Acara ini merupakan kerja sama Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Polres Bangkalan. Kapolres Bangkalan AKBP Rama S Putra mengatakan acara yang dihadiri 2.000 masyarakat ini juga diikuti dengan pelepasan 1.000 balon dan membawa 1.000 bendera.

“Hari ini kita gelar pertama dengan Polres Tanjung Perak dengan Forkompinda Bangkalan. Kegiatan Parade Merah Putih yang diikuti kurang lebih 2.000 warga masyarakat dengan membentangkan bendera merah putih ukuran raksasa 5 meter kali 1.000 meter, dengan 1.000 bendera dan pelepasan 1.000 balon,” papar Rama, Minggu (20/10/2019).

“Ini sebagai wujud bahwa Bangkalan dan Pulau Madura khususnya dan juga Polres Tanjung Perak mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dan berharap Jatim aman untuk Indonesia damai,” imbuh Rama.

Selain itu, Rama menyebut ada pula 100 perahu milik nelayan yang ikut memeriahkan acara ini. Para nelayan ini ikut mengibarkan bendera dari atas perahu.

“Dari warga masyarakat ya berikut dengan nelayan, tadi juga ada parade pengibaran merah putih ada juga oleh 100 perahu nelayan dari pesisir Kamal, Kenjeran,” lanjut Rama.

Sementara saat ditanya terkait pengamanan di wilayahnya menjelang Pelantikan Presiden, Rama menyebut pihaknya telah meningkatkan pengamanan sejak beberapa waktu lalu.

“Dari beberapa waktu lalu kita sudah melaksanakan apel gelar pasukan, kemudian setiap malam kita siaga termasuk juga dengan patroli skala besar bergabung dengan instansi terkait terutama TNI dan satpol PP. Kita melibatkan sekitar 350 hingga 500 personel untuk tetap siaga sampai hari ini,” paparnya

“Mereka tersebar ya terutama di wilayah kota sendiri, di alun-alun, di wilayah perbatasan terutama di Suramadu termasuk juga titik-titik di wilayah Polsek yang ada potensi tapi sejauh ini masih kondusif di Bangkalan secara umum,” tambahnya.

Sementara itu, di jalanan menuju Bangkalan terpantau beberapa ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin. Ucapan ini dari seluruh masyarakat, pengusaha hingga instansi.

“Kita berharap masyarakat Bangkalan khususnya, ini kita dari kemarin juga beberapa kali menggelar doa bersama istigasah tabligh, karena Bangkalan sendiri terkenal Kota Santri jadi Alhamdulillah saya pikir semua berkomitmen, warga masyarakat Bangkalan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dan menyambut presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 5 tahun ke depan,” pungkas Rama. (net)

loading...