Untitled-12BOGOR TODAY – Terobosan baru bakal dilakukan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bo­gor. Untuk memudahkan pelayanan dan menjaring peningkatan retribusi parkir, DLLAJ Kota Bogor akan men­erapkan sistem tarif parkir cerdas den­gan e-Parkir di wilayah Kota Bogor.

Kasie Perparkiran pada DLLAJ Kota Bogor, Rudi Partawijaya, mengatakan, sistem tarif parkir cerdas akan meng­gunakan semacam alat elektronik untuk lebih memudahkan pelayanan dan memaksimalkan pendapatan. Ia menjelaskan, nantinya sistem ini akan dihimbau kepada masyarakat Bogor, apakah dengan sistem yang baru, seperti parkir meter, hand held dan e-tiketing, dapat diterima masyarakat. “Hal ini masih dalam kajian, sehingga masih tahap wacana saja,” katanya.

Rudi menjelaskan, perubahan sis­tem ini harus diketahui para pihak, dan metode parkir ini hanya untuk badan jalan. Juga aspek hukumnya akan diperjelas terkait kajian sistem perparkiran tersebut. Dirinya menam­bahkan, Sumber Daya Manusia (SDM) di DLLAJ harus mememuhi syarat atas perubahan sistem ini. “Selain itu, harus ada perubahan di peraturan daerah. Ini masih butuh proses ka­jian. Diharapkan Desember sudah ada hasilnya,” terangnya.

Menurut Rudi, semua pihak harus mendukung dengan sistem per­parkiran ini, masyarakat mendukung SDM mendukung, maka program ini akan berjalan. Dirinya juga membe­berkan, sejauh ini, target PAD tahun 2015 sektor parkir sebesar Rp1,9 mil­iar. Realisasi pada triwulan ke tiga tercapai 105 persen atau Rp1,5 miliar. Sementara jumlah juru parkir di Kota Bogor, ada 34 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), 24 Tenaga Kontrak Kerja (TKK) dan 392 tenaga sukarela bagi hasil.

(Rizky Dewantara)

loading...