JAKARTA TODAY — Layanan pesan instan WhatsApp akan menghadirkan beberapa fitur baru bagi para pengguna. Deretan fitur baru ini rencananya bakal dirilis pada 2020.

Rangkuman CNNIndonesia.com, mulai dari fitur mode gelap (dark mode), face unlock, hapus pesan otomatis, emoji baru dan iklan akan mewarnai pengguna WhatsApp pada tahun depan.

Mode Gelap

Fitur ini hadir untuk pembaruan WhatsApp versi 2.19.294, perusahaan dikabarkan bakal dinamai Dark Theme.

Dark Theme tidak menggunakan warna hitam pekat, tetapi menggunakan biru kelam seperti langit malam. Selain itu terdapat juga pilihan untuk mengaktifkan mode ini sesuai dengan preferensi di Setting.

Selain WhatsApp, beberapa aplikasi yang sudah menggunakan dark mode seperti Youtube, Instagram, Twitter, dan lainnya. Android 10 dan iOS 13 juga sudah menggunakan pengaturan mode gelap otomatis.

Face Unlock

Dilansir Mashable, anak perusahaan Facebook ini juga bersiap merilis fitur keamanan face unlock yang fungsinya sama dengan face unlock pada ponsel. Meski begitu, belum ada informasi rinci terkait fitur itu.

Iklan di WhatsApp

Saat melakukan presentasi di KTT Pemasaran Facebook 2019 di Belanda, Facebook mengatakan pihaknya tengah merampungkan fitur iklan untuk layanan WhatsApp.

Nantinya, iklan itu akan disematkan di dalam WhatsApp Status pengguna seperti yang diunggah oleh salah satu penggiat media sosial Matt Navarra melalui akun Twitter pribadinya, dikutip Tech Radar.

“Segara hadir di @WhatsApp, WhatsApp Status akan disematkan iklan 2020, tampilan WhatsApp Business dirancang lebih baik, dan katalog produk untuk para pelaku bisnis yang juga diintegrasikan ke Facebook Business Manager Catalog,” cuit @MattNavarra.

Hapus pesan otomatis

Fitur ini diketahui tengah dilakukan uji coba di beberapa pengguna. Disappearing Message (hapus pesan otomatis) memungkinkan pengguna menghapus pesan mereka secara otomatis.

Fitur hapus pesan otomatis akan tersedia untuk WhatsApp versi 2.19.275 dan disebut-sebut hanya bisa digunakan untuk percakapan dalam grup. Pesan akan langsung terhapus berdasarkan periode waktu yang telah ditentukan pengguna.

Emoji baru versi 13.0

Pengguna WhatsApp pada pembaruan 2.19.315 bakal menikmati emoji versi 13.0 yang akan meluncur pada 2020. Emoji terbaru ini menambahkan ikon seperti cheese cake, waffle, es batu, emoji menguap, emoji manusia berdiri, dan lainnya.

Sebetulnya pembaruan emoji ini sempat muncul beberapa minggu setelah WhatsApp menambahkan fitur pemindai jari untuk pengguna Android. Seperti dikutip oleh CNN Indonesia (Anata/PKL/net)