Home Bogor Raya FKPM MBI Hadir di Bogor

FKPM MBI Hadir di Bogor

0
137

FKBM-YUSKABOGOR TODAY- Forum Kemi­traan Polisi Masyarakat Motor Besar Indonesia (FKPM MBI), adalah suatu wadah forum bagi komunitas, atau klub motor besar dalam menyam­paikan dan mendiskusikan berbagai permasalahan yang timbul baik yang berkaitan dengan klub maupun anggota klub motor.

Secara umum FKPM yang dikenal dengan istilah pemolisian masyarakat telah lama berlangsung di wilayah-wilayah Negara Kesatuan Re­publik Indonesia. Namun, dalam hal ini FKPM MBI secara khusus pada bidang motor be­sar merupakan hal yang baru, tepatnya dideklarasikan pada tanggal 8 Maret 2016 lalu, di Jakarta.

Setelah deklarasi, FKPM MBI secara signifikan terben­tuk di beberapa propinsi dan kabupaten, di antaranya, di Jawa Tengah, Jawa Timur, Ka­limantan, Lampung, Palem­bang, Jambi. Ekspansi yang di­lakukan FKPM MBI Pusat juga meliputi wilayah Bogor. Pada tanggal 18 Juni 2016 lalu, su­dah dilaksanakan pengukuhan kepengurusan FKPM MBI Bo­gor di RM. Raffles, Jalan Raya Puncak, Cibogo, Cipayung, Bo­gor, oleh Ketua Umum M. Iri­anto Ibrahim, SH, dan Kombes Pol. Drs. M. Elia M. Wasono, SH., MM, selaku Pembina FKPM MBI.

Ketua FKPM MBI Bogor, Sabaruddin menuturkan, FKPM MBI diperlukan mengin­gat ada persoalan mendasar di lingkungan klub motor besar khususnya di wilayah Bogor. Seorang anggota FKPM MBI tidak harus keluar dari keang­gotaan klub motor di mana dia aktif, karena FKPM MBI bukan klub motor, tetapi suatu wa­dah atau forum berkumpulnya para klub motor.

“Dengan begitu dapat di­pastikan tidak akan terjadi tarik menarik kepentingan, dan satu hal lagi bahwa FKPM MBI adalah forum bagi semua klub motor,” tegasnya.

Sabaruddin menjelaskan, tujuan pokok FKPM MBI yaitu mengimplementasikan Perkap No. 3 Tahun 2015 khusus di lingkungan klub-klub motor besar sehingga pengguna mo­tor besar memiliki rasa tang­gung jawab untuk disiplin dalam hal kepemilikan dan disiplin ketika berkendara di jalan. “Jadi semuanya ada pa­yung hukum aturan yang jelas, dan FKPM BMI juga memiliki AD/ART yang harus dipatuhi menjadi landasan aturan selu­ruh anggota,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris FKPM MBI Bogor, Jenal Mutaqin me­nuturkan, setelah terbentuk kepengurusan FKPM MBI re­gional Bogor yang mencakup Kota dan Kabupaten Bogor, dalam waktu dekat akan dilaku­kan pelantikan kepengurusan. FKPM MBI. “Keberadaan fo­rum ini tentunya bertujuan membantu tugas kepolisian terkait keamanan dan keten­traman. Dengan adanya FKPM MBI, diharapkan sebagai mitra kepolisian bisa meringankan tugas pihak kepolisian di ma­syarakat,” ucapnya.

Ke depannya, FKPM MBI akan melakukan berbagai ke­giatna, baik baik Kota maupun Kabupaten Bogor. “Kita akan melakukan berbagai kegiatan, seperti seminar, diskusi, dan kegiatan kegiatan sosial ma­syarakat lainnya,” pungkas­nya.(Yuska Apitya|ed:Mina)