Untitled-17Alfian Mujani
[email protected]

Kepala Badan Ling­kungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor Roni Kus­mana meminta agar Tim Bogor Hejo lebih fokus melakukan penanaman pohon di sekolah-sekolah.

‘’Penanaman pohon di sekolah-sekolah ini lbih terja­min dari sisi perawatannya,’’ kata Roni dalam percakapan dengan Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mu­jani, Jumat (15/7/2016)

Seperti diketahui, BLH Kabupaten Bogor menjalin kerjasama dengan Bogor He­jo-Bogor Today untuk melaku­kan penghijauan di wilayah Kabupaten Bogor. Kerjasama ini sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu dan terus dikembangkan secara lebih luas lagi.

Menurut Roni, yang sering menjadi persoalan dalam pro­gram penghijauan adalah sisi pemeliharaan pohon. Banyak pihak yang aktif melakukan penanaman pohon dimana-mana, namun pohon tersebut sering tidak diketahui nasib­nya karena tak dirawat. ‘’Nah, kalau penanaman pohon leb­ih fokus di sekolah, pasti akan dirawat dengan baik oleh pi­hak sekolah,’’ katanya.

Jenis pohon yang di­pilihpun lebih spesifik yakni pohon buah-buahan dengan harapan akan memberikan manfaat lebih banyak. Pohon buah-buahan, selain akan membuat lingkungan hijau dan sejuk, juga akan mendu­kung program ketahanan pan­gan, terutama buah-buahan. Pohon buah-buahan juga akan menjadi koridor burung.

Roni memberikan arahan agar sekolah-sekolah rintisan Adiwiyata mendapat perhatian khusus. Di sekolah-sekolah rinti­san Adiwiyata umumnya su­dah memiliki tradisi yang kuat dalam memelihara lingkungan. ‘’Sekolah adiwiyata memiliki standar lingkungan hidup yang cukup baik,’’ katanya.

Selain sekolah-sekolah rintisan Adiwiyata, Roni juga meminta agar Tim Bogor Hejo menjadwalkan penanaman se­cara lebih intensif di wilayah Cibinong Raya. Targetnya, seluruh sekolah di wilayah Cibinong, mulai dari TK, SD, SMP-Tsanawiyah, SMA, SMK, dan MAN menjadi kawasan hijau dan sejuk. ‘’Bibit pohon buahnya nanti akan disiapkan oleh BLH,’’ katanya.

Apa yang dilakukan BLH Kabupaten Bogor bersama Bogor Hejo-SKH Bogor To­day ini sejalan dengan yang dirancang Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Karena itu, Kepala Dinas Pendidikan Ka­bupaten Bogor Tb Lutfie Syam menyambut baik gerakan menanam pohon setiap hari di sekolah-sekolah se Kabu­paten Bogor oleh Bogor Today dan BLH Kabupaten Bogor. ‘’Disdik punya program green school yang bisa disinergikan dengan apa yang dilakukan Bogor Hejo,’’ katanya bebera­pa waktu lalu. (*)

loading...