HL-(2)

Setelah sukses menggelar event sirkuit panjat tebing seri I pada Maret lalu, kali ini Pengcab FPTI Kabupaten Bogor kembali mengadakan Sirkuit Panjat Tebing Seri II, di Lapangan Tegar Beriman 29-31 Mei

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Federasi Panjat Tebing In­donesia (FPTI) Kabupaten Bogor bakal memban­gun arena dinding panjat tebing di Stadion Pakansa­ri. Wall tersebut dimaksudkan untuk melengkapi sarana dan prasarana (Sarpras) arena olahraga.

“Kita sudah melakukan perbin­cangan dengan pihak pemangku ke­bijakan. Wall itu nantinya untuk me­lengkapi arena olahraga di Stadion Cibinong yang bakal menjadi Sport Center. Itu akan bermanfaat juga sebagai arena berlatih para pecinta panjat dinding,” kata Ketua Umum (Ketum) FPTI Kabupaten Bogor, Bam­bang W Tawekal, Jumat (29/5/2015).

FPTI Kabupaten Bogor saat ini se­dang melakukan penyusunan dan di­tuangkan kedalam bentuk proposal. Dalam site plan, arena wall climbing tersebut akan dibuat semi indoor dan juga difasilitasi gudang serta mess at­let serta kantor pengurus FPTI. “Wall ini juga melengkapi yang sudah ada, seperti di lapangan tegar beriman, Cileungsi dan Rumpin. Kami sendiri belum menghitung besaran biaya pembangunan tersebut,” ujarnya.

FPTI Kabupaten Bogor kembali mengadakan Sirkuit Panjat Tebing Seri II, di Lapangan Tegar Beriman pada 29-31 Mei. Setelah pada seri se­belumnya pada April lalu, berhasil menjaring 15 climber pelajar kategori pemula.

“Acara Sirkuit Panjat Tebing Seri II ini, dikuti 70 sekolah dan 205 atlet panjat tebing seKabupaten Bogor. Dan mengalami peningkatan, karena pada seri sebelumnya jumlah peserta mencapai 195 climber,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ajang ini dibagi ke dalam delapan kelas agar Kabupaten Bogor memiliki atlet panjat tebing di tiga generasi. “Dela­pan kelas itu adalah SD kelas 1-3 putra dan putri, SD kelas 4-6 putra dan pu­tri, tingkat SMP putra dan putri, serta SMA putra dan putri,” lanjutnya.

Ajang ini, lanjutnya, untuk mem­bina atlet panjat tebing di tiga genera­si. “Ajang Sirkuit Panjat Tebing akan diadakan hingga seri IV dan kami juga akan buat Sirkuit Panjat Tebing skala nasional untuk mencari bibit dan membina atlet panjat tebing,” ungkapnya.

Bambang menambahkan, pem­bibitan dan pembinaan atlet ini dibuat hingga berlapis hingga 3 lapis. “Kami ingin atlet panjat tebing semuanya orang Kabupaten Bogor karena kita kaya a k a n su m b e r daya manu­sia,” ucapnya.

Terpisah, Ke­pala Dispora Kabu­paten Bogor, Yusuf Sadeli mendukung penuh rencana FPTI Kabupaten Bogor. ke de­pan arena panjat tebing tersebut bisa dimanfaatkan sebagai venue kejuaraan mulai dari level pelajar hingga nasional.

“Dispora mendukung penuh ren­cana tersebut karena selain sebagai ajang penyaluran bakat anak muda, arena wall tersebut juga bisa menjadi sirkuit panjat tebing di ajang Popda, Porda maupun PON,” katanya.(*)