CILEGON TODAY – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi segera memutuskan penerapan sistem ganjil genap di Pelabuhan Merak, Banten pada arus mudik tahun 2019.

“Ganjil genap akan kita evaluasi dan akan kita putuskan akhir minggu ini,” kata Menhub saat meninjau persiapan arus mudik di Pelabuhan Merak. Sabtu (11/5/2019).

Menurutnya, sebelum memutuskan sistem ganjil genap harus mempertimbangkan apakah masyarakat sudah mengetahui adanya penerapan tersebut. Sehingga, butuh sosialisasi lebih masif lagi kepada masyarakat terutama bagi pengguna jasa penyebrangan Merak-Bakahuni.

“Saya akan pastikan supaya waktu nanti kita campaigen itu tuh masif dan semua orang gampang melihatnya. Supaya jangan ada orang yang jauh jauh itu tiba tiba harus terjebak disini. Nah, itu solusinya seperti apa kita akan lihat,” ujarmya.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri mengatakan bahwa implementasi ganjil genap hanya sebatas himbauan kepada masyarakat agar bisa merencakan perjalanan mudik lebih baik tanpa terjebak kemacetan pada siang hari.

“Bahwa implimentasi ganjil genap adalah himbauan himbaun yang dilakukan. Tapi bagaimanapun bahwa keberangkatan sesuai dengan urutan kedatangan yang masuk ke kantong parkir sampai mengarah ke kapal. Mudab-mudahan dengan himbauan itu masyarakat akan bisa merencakan perjalanan lebih baik,” kata Refdi saat meninjau Pelabihan Merak, Jumat (10/5) kemarin.

Wacana penerapan ganjil genap mencuat guna mengurai kepadatan di puncak arus mudik dan kebiasaan pemudik yang melakukan perjalanan pada malam hari setiap tahunnya. (net)

loading...