JAKARTA TODAY – Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen (TNI) Doni Monardo melalui video teleconference, Kamis (19/3/2020).

Dalam rapat tersebut, Doni menyebut, Presiden meminta agar kemampuan dan mobilisasi para tenaga medis ditingkatkan dalam menangani corona.

“Presiden meminta meningkatkan kemampuan atau mobilisasi para dokter yang mungkin bisa dihimpun menjadi relawan, termasuk juga tenaga medis, petugas ambulans, dan mahasiswa kedokteran semester akhir,” kata Doni dalam keterangannya, Kamis (19/3/2020).

Selain itu, Jokowi juga meminta agar para tenaga medis diberikan perlindungan yang maksimal. Termasuk unsur-unsur lain yang terjun langsung menangani kasus COVID-19.

“Termasuk menyiapkan alat medis bagi mereka, makanan, vitamin, dan istirahat yang cukup,” lanjutnya.

Untuk bisa melaksanakan perintah ini, menurut Doni, perlu ada kontribusi dari seluruh masyarakat Indonesia. Ia juga mempersilakan bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada para relawan.

“Virus corona tidak mengenal suku, ras, agama, pangkat, maupun status sosial. Semua pihak cepat atau lambat akan bisa terpapar. Karena itu saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menghadapi wabah virus corona ini,” pungkasnya. (net)

loading...