BOGOR TODAY – Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ekonomi Isalam Universitas Djuanda (Unida) Bogor, mendirikan Koperasi Syariah di Kampung Cileungsir, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi. Koperasi tersebut ditujukan untuk membangkitkan potensi yang dimiliki masyarakat dan untuk menunjang peningkatan sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Koperasi Syariah ini didirikan untuk memberikan kemudahan bagi  masyarakat dalam mengembangkan potensi usaha yang masyaratakat miliki seperti, usaha ternak kambing,” ujar salah satu mahasiswa KKN FEI yang tergabung dalam Kelompok 3 KKN Tematik FEI Unida Bogor, Intan Oktaviana.

Selain itu, lanjut Intan, dengan adanya koperasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk dapat menabung guna meningkatankan dan memajukan perekonomian masyarakat sekitar.

“Pendirian Koperasi Syariah tersebut dikarenakan belum adanya lembaga simpan pinjam yang berdiri di Desa Cianaga, padahal minat masyarakat untuk simpan pinajam sangatlah tinggi terutama untuk menabung. Baznas telah berdiri terlebih dahulu di Desa Cianaga Sukabumi, akan tetapi keberadaan Baznas hanya diperuntukan sebagai peminjaman saja dan tidak menyediakan pembiayaan,” tutur Intan.

Koperasi tersebut berdiri atas kerjasama antara Kelompok 3 KKN Tematik Mahasiswa FEI dengan Kepala Desa Cianaga. “Dan melibatkan Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok  3 KKN Tematik Mahasiswa FEI, Adi Rahmannur Ibnu, SE. MH dan Tuti Kurnia, SP. M.Si,” pungkasnya. (Iman R Hakim /*)