image29.img.2048.mediumBUDAPEST – Lewis Hamilton akhirnya sampai di puncak klasemen sementara For­mula One (F1) 2016 usai finis terdepan pada GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu (24/7/2016). Pebalap Inggris itu mengungguli rekan setimnya di Mercedes, Nico Rosberg di tempat kedua. Dengan raupan 192 poin, Hamil­ton unggul enam angka dari Rosberg di papan klasemen.

Hamilton memulai GP Hungaria dari posi­si dua. Selepas start, ia langsung melesat dan menyalip Rosberg yang mendapat posisi pole. Sementara itu, Rio Haryanto yang mendapat kesempatan untuk tampil di balapan masih be­rada di posisi 21.

Pemimpin balapan masih ditempat duo Mercedes yakni Lewis Hamilton dan Nico Ros­berg. Persaingan justru terjadi antara para pembalap yang menghuni posisi belakang. Rio Haryanto yang mulai start dari posisi 21, perlahan terus naik hingga lap 16 ada di tem­pat 19.

Nico Rosberg tidak membiarkan rekan setimnya, Lewis Hamilton untuk dengan mu­dah memenangi balapan di Sirkuit Hungaror­ing, Hungaria. Persaingan ketat dua pembalap Mercedes itu masih terjadi hingga lap 31.

Sementara itu, Rio Haryanto yang sempat tampil impresif dengan menempati posisi 17, harus rela kehilangan tempatnya dan turun hingga paling buncit. Hal tersebut dikarena­kan dirinya harus mauk pitlane untuk meng­ganti ban.

Balapan sudah melewati lap 46. Akibat ma­sukpitlane, beberapa pembalap yang meng­huni posisi depan terlibat saling salip. Namun Lewis Hamilton masih memimpin jalannya balapan. Disusul Nico Rosberg di tempat kedua dan Daniel Ricciardo.

Tiga posisi terdepan masih ditempati pem­balap yang sama yakni Hamilton, Rosberg, ser­ta Ricciardo. Yang menarik justru persaingan untuk memperebutkan tempat kelima antara Kimi Raikkonen dengan Max Verstappen. Sal­ing susul sejak pertengahan balapan, akhinrya Verstappen mampu mengungguli Raikkonen setidaknya hingga lap 58.

Hingga akhir balapan, tidak ada perubahan susunan balap. Lewis Hamilton sukses men­gunci kemenangan ketiga secara beruntun di musim ini. Selain itu, kemenangan kali ini juga membuat pembalap asal Inggris tersebut men­gudeta posisi puncak klasemen pembalap dari Nico Rosberg. (Rishad/Snd)

loading...