Demi menghindari haus dan dehidrasi ketika berpuasa di siang hari, beberapa orang minum banyak air putih, lebih dari dua gelas saat sahur. Tepatkah cara ini?

“Kalau pada saat sahur minumnya banyak lebih dari dua gelas, malah bikin kencing terus, karena semacam tubuh digelontor banyak air,” kata Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Indonesia, dr Nurul Ratna Mutu Manikam, SpGK.

Selain itu, suhu udara yang masih dingin saat subuh juga memicu keinginan untuk buang air kecil. Alhasil, air putih yang tadi dikonsumsi jadi keluar lagi.

Nurul menyarankan lebih baik bila ingin lebih banyak minum air pada saat berbuka. Dari berbuka hingga sebelum tidur minum paling tidak enam gelas air putih.

Ia juga menekankan minum air putih sekitar dua gelas sehari itu sudah cukup untuk puasa belasan jam di hari itu.

“Kan udah nabung (minum air putih) dari malamnya. Kekurangan air yang seharian itu akan diganti nanti pada saat buka puasa,” kata Nurul.

Ingat 2-4-2

Agar mudah mengingat asupan minum yang standar pada saat puasa ingat konsep 2-4-2. Minum paling tidak 2 gelas air pada saat sahur, lalu 4 gelas air pada saat berbuka dan makan, lalu 2 gelas air lagi sebelum tidur.

Dengan konsep 2-4-2 ini membuat tubuh tetap bisa menjalankan puasa dan terhindar dari dehidrasi. (Net)