Home Health Care Hindari Gerakan Ini Saat Haid

Hindari Gerakan Ini Saat Haid

0
112

2312168ThinkstockPhotos-508493646-yoga780x390SALAH satu manfaat yoga adalah meredakan nyeri haid. Haid pun bukan halangan un­tuk melakukan yoga.Namun, menurut pendiri komunitas Yoga Gembira Yudhi Widian­toro ada beberapa pose yoga yang tidak dianjurkan dilaku­kan saat sedang haid. Khu­susnya saat sedang banyak mengeluarkan darah haid, seperti di hari pertama dan kedua.

Namun, menurut Yu­dhi, semua pun tergantung kondisi tubuh masing-masing wanita. Barangkali ada wani­ta yang merasa baik-baik saja setelah melakukan gerakan hand stand, meski sedang haid. Tapi, biasanya dengan durasi yang sebentar.

Bagi pemula, Yudhi me­nyarankan untuk tidak melakukan gerakan yoga han­ya dengan melihat Youtube. Pasalnya, mencontoh ger­akan melalui Youtube, belum tentu pose yang dilakukan sudah sesuai.

Yudhi mengatakan, jika dilakukan dengan benar, se­tiap gerakan yoga memberi­kan manfaat pada kesehatan, khususnya membuat fungsi organ-organ tubuh berjalan dengan baik.

Jika sedang haid, apalagi sering terasa nyeri, pilihlah gerakan yoga yang men­enangkan dan merileksasi otot-otot tubuh

  1. Gerakan terbalik

Pose terbalik atau inversi seperti hand stand tidak dian­jurkan jika sedang haid. Hand stand adalah posisi kepala di bawah dan kaki di atas. Pas­alnya, gerakan terbalik mem­buat pengeluaran darah ko­tor menjadi tidak maksimal.

  1. Gerakan melilit

Gerakan melilit atau twist­ing pada bagian perut juga tidak dianjurkan. Gerakan ini dikhawatirkan hanya akan me­nambah nyeri perut saat haid. “Kalau twisting bagusnya un­tuk bakar lemak di perut.

Untuk yang sedang haid tidak dianjurkan,” kata Yudi sesuai Yoga in the Air ber­sama Kiranti di rooftop Plaza Semanggi, Jakarta Selatan.

  1. Kalajengking Scorpion

Pose kalajengking scor­pion atau pose yang meny­erupai bentuk kalajengking sebaiknya dihindari jika se­dang haid. Pose scorpion juga membuat kepala lebih ren­dah dari kaki.

  1. Pose ‘perahu’

Pose yoga yang menyeru­pai bentuk perahu atau sep­erti huruf V justru hanya akan menekan area pangkal paha maupun selangkangan.