BOGOR TODAY – Meminimalisir terjadinya bencana, seperti banjir dan longsor.
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Cabang Bogor bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan berkolaborasi pada Program Kelurahan Mitra Lingkungan Bersih.

Rencananya, program tersebut akan digelar Maret sampai September 2020 mendatang atau sekitar enam bulan di kelurahan percontohan. Kelurahan yang menjadi percontohan akan dipilih Wali Kota Bogor, Bima Arya.

“Kami siap gerak dimanapun,” ujar Ketua HMI MPO Cabang Bogor, Wildan Nugraha di Balai Kota Bogor, Senin (24/02/2020).

Wildan mengatakan, program ini dipilih dari hasil pertemuan pertama kali dengan Wali Kota yang membahas tentang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. “Kami ingin menjaga lingkungan di Bogor sesuai dengan kemampuan kami melalui program Mitra Kelurahan Lingkungan Bersih yang akan melibatkan 200-300 anggota HMI MPO Cabang Bogor,” imbuhnya.

Ia menuturkan, konsep program ini turun langsung ke lokasi. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dan memberikan contoh nyata tentang lingkungan. Mulai dari tidak membuang sampah ke sungai, membuat bank sampah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, membuat biopori, dan masih banyak lagi.

“Semoga masyarakat di kelurahan percontohan bisa teredukasi, lingkungan menjadi bersih dan kalau kegiatan ini berhasil kemungkinan bisa jadi program setiap tahun,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyatakan mendukung kegiatan ini. Ia akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyusun konsep sekaligus mensinergikan kegiatan HMI MPO Cabang Bogor.

“Kita fokus pembenahan lingkungan di kelurahan yang kita pilih, sampahnya, biopori, bank sampahnya,” kata politisi PAN tersebut. (Bambang Supriyadi)

loading...