Untitled-1Bulan depan, Honda akan memamerkan untuk pertama kalinya crossover BR-V berkapasitas tujuh orang penumpang di Thailand Motor Expo 2015. Rencana pemasarannya di jadwalkan mulai semester pertama 2016 atau setelah Indonesia.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Menariknya, Hon­da BR-V yang di­jual untuk pasar otomotif Thai­land seperti dilansir laman Bangkok Post, Rabu (11/11/2015) akan tersedia dua pilihan mesin, yakni ben­sin dan diesel. Di Indonesia hanya ada satu jantung pacu, yakni 1.5-liter i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 120 tk dan torsi 145 Nm.

Varian mesin bensin yang dijual di Indonesia juga di­pasarkan di Thailand. Trans­misinya manual 6-percepatan atau CVT. Untuk mesin diesel berkapasitas 1.5-liter i-DTEC, tapi data spesifikasinya belum terungkap. Honda juga me­mastikan bahwa BR-V diesel nantinya juga siap dijual di India dan diproduksi secara lokal di pabrik Honda yang berada di Ayutthaya, Thailand.

Harga Honda BR-V untuk pasar domestik Thailand juga belum terungkap. Honda me­mastikan akan mengumum­kannya Desember atau paling lama saat peluncuran resmi tahun depan.

Di Indonesia, crossover terbaru Honda ini dijual mulai Rp 230 juta hingga Rp 265 juta dan PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menerima peme­sanan lebih dari 4.000 unit. Jadwal peluncurannya akan dilakukan awal 2016 menda­tang.(*)