CIBINONG TODAY – Seorang pedagang Ikan Hias yang  bernama Ruslan (23), menjajakan dagangan nya di pinggir Jalan KSR Dadi Kusmayadi, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sudah 6 tahun dirinya menjalani profesi sebagai pedagang Ikan Hias. Anak pertama dari dua bersaudara tersebut menjual berbagai macam jenis Ikan Hias seperti, Ikan biasa, Koi, Gupi, Louhan, dan berbagai Tanaman Hias, Aquarium, Jaring Ikan, dan Pelet.

“Saya biasa mulai berjualan mulai dari jam 08.00 – 18.00 WIB. Saya berjualan hampir setiap hari, Ikan yang saya jual, barang barang saya beli dari Reseller atau Petani Ikan,” ujar Ruslan saat diwawancara di lokasi jualannya, Kamis (27/6/2019).

Siapa mengira, ternyata modal utama untuk berjualan ikan hias, Pak Ruslan harus merogoh kocek sekitar Rp 50 juta belum termasuk biaya-biaya lainnya, seperti konstruksi dan peralatan. Dari hasil jualannya tersebut, bapak yang memakai baju kotak-kotak itu mendapat keuntungan 20 % dari hasil jualan nya itu.

“Untuk menjalankan bisnis Ikan Hias nya, Saya dibantu rekan-rekan saja untuk bergantian berjaga,” ungkap Ruslan.

Salah satu pembeli Ikan Hias Arief mengungkapkan, seorang pembeli yang memakai kaos biru tersebut mengatakan, bahwa Ikan-Ikan hias yang dijual disini itu cukup lengkap. Untuk menarik perhatian konsumen, Pak Ruslan pun memajang display Aquarium berisi Ikan-Ikan Hias.

“Suka duka menjadi pedagang ikan hias itu, kalau suka seperti ramai pembeli keuntungan jadi naik, kalau dukanya pas Ikan-Ikan ada yang mati, jumlah ikan menjadi berkurang,” pungkasnya (Sherin/PKL)