Untitled-4SWEDIA, TODSAY—Ada yang membanggakan dari dunia persepakbolaan cilik nasional. Tim putra Indonesia, ASIOP Apa­cinti, berhasil menjuarai Gothia Cup kategori U-15 usai menum­bangkan wakil tuan rumah, IF Elfsborg, dengan skor 3-1 di Gamla Ullevi, Swedia, Sabtu (23/7/2016) waktu setempat.

Gol dari Apacinti diukir oleh Imam Zakiri, Reyhan Syaviano, dan Egy Maulana Vikri, sementara gol balasan Elfsborg dibukukan Aleksandar Ceganjac pada pengu­jung pertandingan.

Apacinti sempat mendapatkan peluang untuk unggul pada menit ke-4. Namun, Firdas Hilmi belum mampu menuntaskan kesempa­tan dengan maksimal.

Berselang empat menit kemu­dian, tim asal Indonesia ini berha­sil unggul 1-0 berkat gol dari Imam Zakiri. Menjelang turun minum, Apacinti semakin memupuskan ha­rapan tuan rumah usai Reyhan Sya­viano mencatatkan namanya di pa­pan skor. Apacinti memimpin 2-0.

Pada awal babak kedua, Egy Maulana Vikri memperbesar keunggulan Apacinti menjadi 3-0.

Tersentak dengan gol cepat tim tamu, Elfsborg berusaha lebih keras untuk mengembalikan tempo per­mainan. Setelah 40 menit berjibaku pada babak kedua, gol yang ditung­gu-tunggu Elfsborg pun tercipta ber­kat lesakan Aleksandar Ceganjac.

Hasil gemilang pada partai pun­cak tersebut melengkapi kedigday­aan Apacinti selama pagelaran di Swedia itu. Secara total, Apacinti menyapu bersih 10 kemenangan dengan mencetak 45 gol dan hanya kebobolan delapan.

Selain Elfsborg, Apacinti me­numbangkan Ahus Horna BK (11-0), Gerdskens BK (4-1), SC Nienstedten (3-0), AFK Linkoping Vit (5-0), Moss­ens BK (4-1), Skara FC (3-0), Oppsal IF (5-1), PFC Botev (5-3), J-L Juniors (2-1). “Ini luar biasa, fantastis. Anak-anak bermain sangat hebat di sepanjang turnamen ini,” ujar manajer Apacin­ti, Ade Wellington, seusai laga.

“Kami telah berlatih selama tiga bulan untuk tampil di sini. Ini meru­pakan mimpi yang menjadi kenyata­an,” tuturnya lagi.

Asal-usul Gothia Cup adalah kejuaraan sepak bola junior tingkat inter­nasional ternama di dunia. Ajang ini mempertandingkan delapan level usia, mulai dari 11 hingga 18 tahun. Pada tahun 2016 ini Gothia Cup diikuti oleh 1.659 tim yang be­rasal dari 81 negara, termasuk Indo­nesia dengan enam timnasnya.

Kejuaraan yang telah digelar se­jak 1975 ini telah banyak menghasil­kan pemain dengan bakat-bakat yang besar dalam dunia sepak bola. Beberapa nama besar terse­but adalah Alan Shearer (Inggris), Andrea Pirlo (Italia), Xabi Alonso (Spanyol), dan Zlatan Ibrahimovic (Swedia). Dengan banyak nama-na­ma besar tersebut, telah membuat Corsa untuk menjadi sponsor tim muda Indonesia untuk mengikuti Gothia Cup.

Piala sepak bola bergengsi untuk usia anak muda Gothia Cup secara resmi dibuka oleh Swedia di stadium Nya Ullevi, Gothenburg. Dihadiri oleh 81 negara dengan 1.600 kese­belasan, pesta bola itu berlangsung dengan meriah.

Di bawah panji merah putih tampil empat Timnas RI, yaitu ASIOP Apacinti, Garuda Keadilan, Top Skor Resolution, dan ASIFA. Disayangkan karena peristiwa ket­erlambatan di Airport Turki, team LKG SKF terpaksa urung bertanding di hari pertama.

Gothia Cup dan Dana Cup men­jadi ajang bergengsi yang diikuti tim-tim seluruh dunia. Ajang Gothia Cup sendiri sudah melahirkan beberapa pemain kelas dunia seperti Andrea Pirlo, Xabi Alonso, Alan Shearer, Ju­lio Baptista, Ze Roberto, Emmanuel Adebayor, hingga Zlatan Ibrahimov­ic.(Yuska Apitya Aji/ed:Mina)

loading...