BOGOR, Today – Sebuah penelitian unik dilakukan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Ghulam Halim Furqoni. Mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapeta) ini meneliti pengaruh memperden­garkan murottal Alquran terhadap produksi susu sapi perah.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya, tentang pengaruh musik klasik terhadap produksi susu sapi perah. Dalam penelitian itu, musik klasik diputar sekitar tiga jam sebelum pemerahan. Namun akhirnya durasi pemutaran musik diperpan­jang dengan harapan hasil yang diperoleh lebih optimal.

Akhirnya, Ghulam berdiskusi dengan dosen pembimbing. Dan tercetuslah ide untuk memberi judul “Pengaruh Musik Klasik 24 jam terhadap Produktivitas Susu Sapi Perah” untuk penelitian ini. Namun di sisi lain, Ghulam berfikir apakah ada pilihan lain, selain musik klasik yang dapat berpengaruh terhadap produktivitas susu sapi perah?

Musik klasik Mozart mulai dikenalkan pada tahun 1993 di Uni­versitas California untuk menilai ada tidaknya peningkatan tingkat IQ mahasiswa. Hasilnya, musik klasik Mozart dapat meningkatkan 8-9 poin IQ pada mahasiswa-mahasiswa tersebut (Bowers 2002). Sejak saat itu musik klasik Mozart mulai berkembang di Eropa dan digunakan di dunia peternakan untuk tujuan meningkatkan produktivitas ternak.

Namun dalam kasus lain, tambah Ghulam, banyak penelitian yang dilakukan dengan menggunakan treatment murottal Alquran terhadap manusia. Penelitian itu dilakukan kepada orang yang se­dang sakit, ibu hamil, dan lain sebagainya. Mayoritas pengambilan datanya banyak dilakukan di rumah sakit.

Dari berbagai penelitian itu, terbukti murottal Alquran memi­liki efek ketenangan (relaksasi) dan menimbulkan kenyamanan psikologis. Inilah yang kemudian memberikan inspirasi bagi Gh­ulam untuk menggunakan murotal Alquran dalam penelitian ten­tang produksi susu sape perah ini.

“Berangkat dari hal tersebut, tanpa berniat sedikitpun mem­bawa sensitifitas agama, saya usulkan menambahkan murottal Al-Quran sebagai perlakuan dalam penelitian saya. Alhamdulil­lah dosen saya menyetujui dan lahirlah judul untuk skripsi saya ‘Produksi Susu Sapi Perah yang Mendengarkan Musik Klasik dan Murottal Al Quran Selama 24 Jam’,” ujar Ghulam.

Dia berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat dan mudah diaplikasikan oleh peternak-peternak di Indonesia sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas susu sapi perah dalam negeri. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Afton Atabany dan Dr. Bagus P Purwanto.

(Latifa Fitria)

loading...