BOGOR TODAY – Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi masuk menjadi anggota baru dalam ASEAN-European Academic University Network (ASEA Uninet) yang rencananya dikukuhkan pada perte­muan para akademisi yang digelar di Universitas Udayana, Bali.

“Dalam pertemuan dua tahunan kali ini akan dilakukan penerimaan lima universitas baru yang salah satunya dari Indonesia yaitu Institut Perta­nian Bogor (IPB),” kata Presiden ASEA Uninet, Prof Ketut Suastika ditemui usai membuka pertemuan internasional ASEA Uninet di gedung Institute for Peace and Democracy di Kampus Unud Jimbaran di Kabupaten Badung, Senin (15/2/2016).

Sehingga, ucap dia, jumlah keanggotaan yang tergabung dalam lembaga universitas Eropa dan ASEAN itu menjadi 75 universitas dari 17 negara. Lima calon anggota baru itu dijadwalkan me­maparkan profil masing-masing peguruan tinggi pada hari kedua ASEA Uninet “Plenary Meeting”.

Suastika yang juga Rektor Unud itu mengatakan bahwa di bawah naungan lembaga internasional tersebut menjadi ajang menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan riset. Diharapkan dalam wadah yang diisi para akademisi itu hasil riset bisa digunakan sebagai acuan dalam komunikasi penge­tahuan antaranggota.

Unud sendiri merupakan satu-satunya perguru­an tinggi dari Bali dan Indonesia Timur yang masuk dalam wadah internasional itu.

Selain Unud, beberapa universitas lain juga tu­rut menjadi anggota, di antaranya Universitas In­donesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Di­ponegoro, Universitas Sumatera Utara, dan Institut Teknologi Surabaya.

ASEAN-Uninet merupakan organiasi antaruni­versitas di Eropa dan ASEAN yang berbasis di Wina, Austria dengan kerja sama meliputi bea­siswa pendidikan, pendidikan dan penelitian. Organisasi yang didirikan tahun 1994 itu memi­liki anggota 75 universitas dari berbagai negara di antaranya dari Austria, Slovakia, Jerman, Italia, Inggris, Spanyol, Denmark, Belanda, Swedia, Yu­nani, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

(Yuska Apitya)

loading...