IPBBOGOR TODAY – Ratusan mahasiswa dari International Association of Students in Ag­ricultural and Related Sciences (IAAS) delegasi dari 39 negara di dunia mengikuti ajang The 59th IAAS World Congress (WOCO) 2016 di kampus Insti­tut Pertanian Bogor (IPB).

Ketua Panitia The 59th IAAS World Congress di IPB, Gabri­el Keete Gazali mengatakan, IAAS Congress merupakan pertemuan tahunan tingkat dunia bagi para mahasiswa pertanian. “Para mahasiswa pertanian dari berbagai pen­juru negara ini datang dan berkumpul di sini untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalamannya dibidang per­tanian. Kita juga bahas isu-isu aktual terkait tantangan perta­nian global,” kata Gabriel, di kampus IPB, Rabu (27/7).

Dalam pertemuan tersebut ada beberapa agenda khusus yang akan menjadi sorotan topik bahasan diskusi. Misal­nya menganai isu ancaman krisis pangan global, inovasi teknologi pertanian dan lain­nya. Adapun tema yang di­angkat dalam ajang itu yakni “Plant Your Future”.

“Harapan kami dari kon­gres ini akan terlahir idei-ide dan gagasan untuk menyele­saikan permasalahan perta­nian di seluruh dunia di masa depan. Selain itu, ajang ini juga menjadi even tahunan untuk membangun jaringan perte­manan, berbagi pengetahuan dan pengalaman,” jelasnya.

IAAS merupakan organisasi mahasiswa pertanian interna­sional yang berbasis di Leu­ven, Belgia. Organisasi ini ter­bentuk sejak tahun 1957 untuk menjadi wadah aspirasi para mahasiswa dalam hal perta­nian dan agrikultur. “Anggota IAAS saat ini sudah lebih dari 10.000 anggota tersebar di berbagai belahan dan Negara,” sebutnya.

Sebagaimana dilansir si­tus resmi IAAS ke-59, kongres tahun ini memilih Indonesia sebab negara ini merupakan negara dengan biodiversitas terkaya di dunia. Tak hanya itu, Indonesia dipandang is­timewa karena juga memiliki kekayaan budaya yang nantin­ya akan diperkenalkan kepada setiap delegasi melalui tur ke berbagai situs penting seperti Istana Kepresidenan dan Candi Borobudur dan lainnya. “IAAS World Congress ke-59 di Indo­nesia ini berlangsung selama 8 hari, yakni dari 22 Juli kemarin dan akan berakhir nanti pada 30 Juli 2016,” terangnya.

Selain di kampus IPB Bo­gor, para delegasi IAAS itu dijadwalkan juga akan men­gunjungi sejumlah kampus ternama di Indonesia seperti, Universitas Padjajaran (Un­pad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Brawijaya. (Yuska Apitya)

loading...