YUS-RUSWANDIBOGOR TODSAY- Ikatan Is­tri Partai Golkar (IIPG) terus melakukan konsolidasi na­sional. Setelah pengukuhan empat pengurus di tingkat provinsi, kini IIPG Provinsi Jawa Barat dengan meny­ertakan seluruh pengurus tingkat kabupaten/kota diku­kuhkan. Bertempat di kantor DPD Golkar Jawa Barat. “Ini adalah yang pertama, di mana IIPG di tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota dilan­tik secara bersamaan. Inilah Jawa Barat, selalu berbeda, mengedepankan soliditas dan tentunya kearifan lokal. Sauyunan dan sabilulungan yang menjadi dasar identitas negeri ini, gotong royong,” jelas Ketua Umum IIPG Deisti Novanto, Minggu (7/8).

Dia mengajak pengurus IIPG tingkat provinsi, kabu­paten dan kota di Jawa Barat untuk meningkatkan kon­solidasi guna membantu para fungsionaris Golkar menuju kejayaan dan kemenangan di Pemliu 2019 nanti.

Deisti juga memberikan apresiasi kepada DPD Golkar Jabar yang mengedepankan soliditas yang dibuktikan menjadikan Jabar sebagai lumbung suara di Pemilu 2014 lalu. “Bumi Pasundan tetap setia menjadi lahan subur bagi pohon beringin yang di era pasca Reformasi tak sedikit pihak yang mencoba meng­goyang dan meruntuhkannya. Namun pohon beringin telah mengakar di bumi Indonesia, termasuk di Jawa Barat,” kat­anya.

Deisti pun berpesan kepa­da pengurus IIPG yang dilan­tik untuk senantiasa memeli­hara dan mengangkat kearifan lokal sebagaimana telah dirin­tis oleh Ketua DPD Jawa Barat Dedi Mulyadi. Menurutnya, arus globalisasi bukan berarti mematikan kearifan lokal yang justru dengan budaya dan kearifan lokal, Indonesia menjadi negara yang diperhi­tungkan di tengah pergaulan internasional.

Salah satu kearifan lokal yang menjadi sorotannya adalah wujud gotong royong yang oleh masyarakat tatar pasundan diistilahkan dengan sauyunan dan sabilulungan. “Sauyunan dan sabilulungan adanya di masyarakat, dalam kelompok kecil adalah komu­nitas. Maka Kartu Komunitas yang menjadi program unggu­lan IIPG adalah salah satu upa­ya dalam mendekati rakyat melalui kearifan lokal, gotong royong,” beber Deisti.

Kartu Komunitas sendiri merupakan program unggu­lan IIPG dalam upaya mereal­isasikan misi Golkar yakni su­ara Golkar suara rakyat. IIPG pusat menargetkan distribusi satu juta kartu yang dibagikan kepada komunitas-komunitas di seluruh Indonesia.

Terpisah, Ketua DPD Gol­kar Kota Bogor, Yus Ruswandi, mendukung penuh program kerja IPPG Jawa Barat. “Untuk Kota Bogor, saya harap bisa mengemban amanah pengu­rus pusat untuk meningkat­kan program dan kegiatan di bidang sosial,” kata dia, kema­rin.(Yuska Apitya)

loading...