Untitled-10ALFIAN MUJANI
[email protected]

Bagi sekolah-sekolah yang memiliki basis nilai keagaamaan sangat kuat, selalu menyenangkan jika diajak giat menanam pohon dan merawat lingkungan. Hal ini dirasakan Tim Bogor Hejo- SKH Bogor Today saat berada di lingkungan SMP Pesat Kota Bogor.

‘’Dalam ajaran Islam sep­erti tertera pada Alquran jelas disebutkan bahwa lingkungan alam rusak akibat ulah manu­sia. Karena itu, sebagai umat beragama kita harus mence­gah agar kerusakan alam itu tidak semakin parah,’’ kata Kepala SMP Pesat Kota Bogor Kiki Muhamad Ahdiyan pada acara tanam pohon bersama Bogor Hejo di halaman mas­jid sekolah tersebut, Kamis (28/7/2016)

Kiki yang didampingi Ke­pala Humas Lembaga Pendidi­kan Pesat Herlan Sonjaya SE, berpesan kepada para muris SMP Pesat agar menjadikan Gerakan Bogor Hejo yang di­prakarsai Surat Kabar Harian Bogor Today sebagai inspirasi dalam merawat lingkungan.

‘’Salah satu cara terbaik dalam merawat lingkungan adalah dengan menanam po­hon. Sebab pohon akan mena­ta kembali kualitas udara dan memperbaiki jalur air di bawah tanah,’’ kata Kiki.

Puluhan siswa SMP Pesat yang mengikuti acara tanam pohon pun tampak sangat an­tusias. Mereka menyimak se­cara serius apa yang disampai­kan Kiki dan Tim Bogor Hejo yang terus melakukan edukasi mengenai penanaman pohon dan lingkungan hidup.

Bagi umat Islam, lanjut Kiki, menanam pohon dan merawat lingkungan bukan kegiatan biasa. Tetapi sebuah kegiatan yang memiliki nilai ibadah luar biasa. ‘’Begitu banyak manfaat yang bisa di­dapatkan dari kegiatan mena­nam pohon ini, selain meles­tarikan alam, menghasilkan oksigen, juga buahnya sangat bermanfaat bagi kehidupan mahluk, terutama manusia,’’ katanya.

Edukasi pohon dan ling­kungan ini dilanjutkan Gener­al Manager SKH Bogor Today Amel Amalia Dian Puspitasari dan Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito. Mereka menga­jak para siswa SMP Pesat untuk mengingat kembali aneka ma­cam manfaat menanam pohon melalui kuis berhadiah payung dan sembako. Sesi kuis ini se­lain merangsang para murid untuk berpikir juga menjadi hiburan tersendiri. ‘’Selain ada hadiahnya, kuis ini juga membuat acara menanam po­hon menjadi lebih seru,’’ kata salah seorang murid.

Pohon yang ditanam di SMP Pesat ini antara lain po­hon citrus (jeruk) sumban­gan dari Citrus Department Store, pohon buah sirsak dan nangka sumbangan dari Pa­guyuban Budiasi. Sementara hadiahnya merupakan sum­bangan dari Yayasan Indera Surya Jakarta Selatan milik ke­luarga Ayu B Nurdin. (*)

loading...