5502bc42d93d7JAKARTA TODAY– Tidak ada satu pun jaksa baik di tingkat pusat maupun daerah yang mau menjelaskan waktu pelaksanaan eksekusi mati terhadap terpidana kasus nar­kotika tahap ketiga.

Jaksa Agung Muda Tin­dak Pidana Umum Kejaksaan Agung Noor Rachmad men­gungkapkan, kejaksaan tidak mau eksekusi mati tahap tiga ini menciptakan situasi gaduh sep­erti yang pernah terjadi jelang eksekusi mati tahap kedua.

Situasi waktu tahap kedua kemarin gimana? Kami tidak mau itu terulang kembali,» kata Noor Rachmad di Kejak­saan Agung, Jakarta Selatan pada Selasa (26/7).

Meski begitu dia menginfor­masikan bahwa sejumlah jaksa eksekutor telah bertolak menu­ju Pulau Nusakambangan, Ci­lacap, Jawa Tengah. Iya seba­gian sudah ke sana,» katanya.

Sikap yang sama pun di­lakukan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan AgungMohammad Rum. Meski mengaku sudah mengirimkan surat pemberita­huan ke kantor-kantor keduta­an besar yang warga nega­ranya akan dieksekusi mati, Rum mengatakan Kejaksaan Agung belum memastikan waktu pelaksanaan eksekusi mati tahap ketiga.

Waktu semakin dekat, tapi belum kita tetapkan, ujarnya.

Demikian juga dengan Ke­pala Kejaksaan Negeri Cilacap Agnesi Triani. Meski telah mendapatkan informasi bah­wa eksekusi akan berlangsung pekan ini, namun dia tidak mengaku tidak mengetahui waktu pelaksanaannya.

Kita lagi kegiatan itu (per­siapan eksekusi mati tahap ke­tiga). Tapi (tanggal) saya tidak tahu,» ujar Agnes.

Sebenarnya, Kejaksaan Agung telah memberikan surat pemberitahuan atau notifikasi ke sejumlah kantor kedutaan be­sar yang warga negaranya akan menjalani eksekusi mati tahap ketiga. Meski demikian, Kejak­saan belum membeberkan kan­tor-kantor kedutaan mana saja yang menerima notifikasi itu.

“Sudah dinotifikasi dalam rangka persiapan (eksekusi),” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Mu­hammad Rum di kantor Kejak­saan Agung, Jakarta, Selasa (26/7).

Menurut Rum, persiapan eksekusi mati gelombang ketiga memasuki tahap akhir. Sejum­lah narapidana mati pun sudah dipindah ke Pulau Nusakam­bangan di Cilacap, Jawa Tengah.

Rum menegaskan, waktu pelaksanaan eksekusi mati ta­hap ketiga kian dekat. Namun dia tidak mau menyebutkan kapan tanggal eksekusi akan berlangsung.

Saat dikonfirmasi terkait sejumlah nama yang dikabar­kan masuk dalam daftar ter­pidana mati yang bakal diek­sekusi, Rum bungkam. “Masih dalam verifikasi, kami cuma persiapkan,” kata dia.

Sebanyak 14 terpidana mati kasus narkotik disebut telah menempati ruang iso­lasi Lembaga Pemasyarakatan Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Pengamanan di Nusakam­bangan pun diperketat. Pen­gunjung dilarang masuk un­tuk menjenguk. Larangan ini berlangsung hingga pekan depan. Selain itu, Polri selaku penyedia regu tembak me­nyatakan telah siap 100 pers­en.(Yuska Apitya/cnn)

loading...