BOGOR TODAY – Jalan Darul Quran yang terletak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor akan berganti nama. Jalan alternatif dari Gunung Batu – Loji menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor itu nantinya akan diberi nama seorang ulama besar yang berada di Bogor Barat yaitu KH Tubagus Muhammad Falak Abbas atau biasa dikenal Mama Falak Pagentongan.

Camat Bogor Barat, Juniarti Estiningsih membenarkan bahwa nama Jalan Darul Quran akan berganti nama menjadi Jalan KH Tubagus Muhammad Falak.

“Iya benar nanti akan berganti nama menjadi Jalan TB Muhammad Falak, sekarang masih kita matangkan dan kebetulan hari ini saya mau silaturahmi ke keluarga besar Mama Falak ke Pondok Pesantren Al-Falak Pagentongan yang ada di Kelurahan Loji,” ujar Juniarti Estiningsih kepada Bogor Today, Jumat (18/9/2020).

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor itu mengatakan, pergantian nama jalan ini rencananya akan diresmikan oleh Pemerintah Kota Bogor pada pertengahan Oktober 2020 mendatang. “Rencananya nanti akan diresmikan tanggal 22 Oktober 2020,” katanya.

Ditempat yang sama, Kasi Trantib Kecamatan Bogor Barat, Coki Irsanja Herza Rambe menuturkan, dipilihnya nama KH Tubagus Falak untuk menggantikan nama Jalan Darul Quran ini karena merupakan seorang ulama besar yang memiliki sejarah di Kota Bogor, terlebih di Kecamatan Bogor Barat.

“Berdasarkan sejarah, dulu di sini (Jalan Darul Quran, red) belum ada jalan. Namun seiring berjalannya waktu, dibuatkanlah jalan untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Kemudian, diberi nama jalan Darul Quran hingga sekarang dan rencananya kedepan akan diganti namanya menjadi Jalan KH Tubagus Muhammad Falak,” tuturnya.

Pergantian nama jalan ini, lanjut Coki, sudah direstui oleh keluarga besar Mama Falak, dan mereka menyambutnya dengan baik. “Iya, keluarganya setuju dan merestui nama KH Tubagus Muhammad Falak dijadikan nama jalan. Dan hari ini kami akan bersilaturahmi ke keluarga besarnya yang ada di Ponpes Al-Falak Pagentongan,” pungkasnya. (Heri)