BOGOR TODAY – Warga RW 03 Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong akhirnya dapat tersenyum, pasalnya jalan yang selama ini rusak sudah diperbaiki. Meski perbaikan jalan tersebut dari pemerintah daerah melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) akan tetapi bantuan yang bersifat swadaya tetap ada. Sehingga antusias warga dalam pelaksanaan pengecoran pun tampak saling bahu-membahu.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pabuaran, Ujang Dadi Mardadi mengatakan pengecoran jalan sepanjang 525 meter yang diusulkan pada Musrenbang 2019 lalu hanya bisa terealisasikan 285 meter.

“Karena Pandemi Covid 19 jadi anggaran terpangkas, di pengajuan Musrenbang 2019 untuk jalan RW 03 ini kita ajukan 525 meter yang terealisasi hanya 285 meter, lebar tiga meter dan ketebalan 10 cm”, terangnya, Rabu (23/9/2020).

Untuk kekurangannya, lanjut Ujang nanti akan diajukan kembali pada Musrenbang berikutnya. “Karena ini masih panjang kekurangannya, hampir setengahnya. Jadi nanti ada usulan lagi. Untuk pengerjaan diperkirakan selesai dalam satu hari dan tiga minggu sudah bisa di pakai atau dilalui kendaraan,”ungkapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Pabuaran Suradi Supriyadi yang langsung turun memantau di lapangan menambahkan pengecoran jalan di RW 03 ini adalah hasil dari Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) 2019 lalu yang di realisasikan pada 2020 ini.

Meski anggaran dana desa tergeser untuk penanganan Covid-19, akan tetapi pihaknya berharap jalan yang berada di 11 RW tersebut dapat terealisasi.

“Selesai pengecoran dari sini lanjut ke RW 04, 05 dan terakhir di RW 11 semua terpangkas kecuali di RW 05. Saya berharap sisanya bisa di swadayakan. Jika tidak berarti menunggu pengajuan yang baru lagi, dan itu lama. Mudah-mudahan pengecoran yang ada di kelurahan Pabuaran bisa berjalan dengan lancar,” tuksnya..

Sementara itu, Ketua RW 03, H. Hidayat mengungkapkan banyak terimakasih kepada Lurah Pabuaran, Ketua LPM dan Para Ketua RT serta semua warga yang telah ikut berpartisipasi melalui swadaya dalam pengecoran jalan tersebut. (Bambang Supriyadi)