Home Today Update Heulang 9 Jangan Memaksa

Jangan Memaksa

0
115

alfian mujaniMUHAMMAD Al-Ghaz­ali, cendekiawan Mesir mengatakan, memaksa seseorang untuk men­jadi mulia itu tak men­jadikan seseorang itu jadi mulia, sebagaima­na juga memaksa se­seorang untuk beriman tak akan menjadikann­ya beriman. Yang men­jadi dasar seseorang menjadi sesuatu adalah kebebasannya dalam memilih opsi.

Apa yang disampaikan Muhammad Al- Ghazali tersebut merupakan bahasa lain dari firman Allah dalam surat Al-Kafirun: “Tidak ada paksaan dalam agama. Sungguh telah je­las mana yang benar dan mana yang salah.” Meskipun demikian, memberikan pendidikan dan pertimbangan tentang mana yang benar dan mana yang salah adalah merupakan keharusan. Karena itulah, mencari ilmu dan menyampaikan ilmu merupakan keharusan. Yang tidak boleh adalah memaksa, apalagi dengan menggunakan cara kekerasan.

Setiap orang atau siapapun yang me­maksa orang lain untuk hanya sepakat den­gan diri dan kelompoknya dapat dipastikan orang itu tak paham dengan cara dakwah yang benar. Nabi Ibrahim mengajak bapa­knya ke jalan yang benar dengan berbagai pembelajaran dan pertimbangan, namun ketika semuanya ditolak, maka Nabi Ibrahim tidak memaksanya, apalagi membunuhnya. Begitu pula yang dilakukan Nabi Nuh kepada isteri dan puteranya, Nabi Muhammad kepa­da paman-pamannya. Pemaksaan tak akan menghasilkan apapun, kecuali kedzaliman dan kekerasan. (*)