Untitled-16ALFIAN MUJANI
[email protected]

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sindangbarang 3 Kota Bo­gor tidak masuk dalam daf­tar sekolar rintisan adhi­wiyata. Namun sekolah ini memiliki perhatian khusus terhadap penataan lingkungan hijau terbuka. Sejumlah pohon buah-buahan sep­erti mangga dan sawo tampak tertata rapi di pinggir lapangan sekolah.

Bahkan di lahan kosong be­lakang dan samping sekolah, tengah disiapkan menjadi kebun hidropon­ik. Sikap peduli terhadap penghi­jauan lingkungan ini, tak lepas dari peranan Kepala SDN Sindangbarang 3 Kota Bogor Zaenudin S.Ag.

Guru lulusan S1 Fakultas Pen­didikan Agama (Tarbiyah) ini, me­miliki wawasan yang luas di bidang lingkungan hidup dan memiliki ke­cintaan terhadap tanaman. ‘’Lahan terbuka yang bisa ditanami pohon sudah sangat terbatas. Karena itu, saya dan para guru di sini sedang berusaha mengembangkan tanaman pot dan tanaman gantung. Di be­lakang dan samping mau kita kem­bangkan menjadi kebun hidropon­ik,’’ tutur Zaenudin sebelum acara penanaman pohon bersama Bogor Hejo di halaman SDN Sindangbarang 3, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bo­gor, Kamis (21/7/2016)

Semangat Zaenudin menghijau­kan lingkungan ini tampaknya se­lain didasari pengetahuannya yang luas di bidang lingkungan, terutama berdasarkan ajaran agamanya, dia juga beberapa kali berkunjung ke daerah-daerah pertanian di Thai­lan. ‘’Banyak tanaman buah-buah­an yang dibudidayakan di Thailan diambil dari Indonesia. Harusnya kita lebih hebat dari Thailan dalam mengembangkan sektor pertanian,’’ katanya.

Kepala para siswa SDN Singdang­barang 3 yang mengikuti acara pen­anaman pohon bersama BogorHejo- Bogor Today, Zaenudin berpesan singkat agar anak-anak merawat tumbuh-tumbuhan, pohon buah-buahan dan pohon lainnya dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa cinta. ‘’Agama Islam melarang kita memetik daun pohon tanpa alasan dan melempar-lempar buah. Jadi, anak-anaku sekalian jangan sekali-kali memetik daun dan melempar-lempar buah, itu tidak baik menurut agama,’’ katanya.

Sebelumnya Tim Bogor Hejo juga melakukan edukasi menge­nai pohon dan lingkungan hidup. Amel Amalia Dian Puspitasari dan Sekretaris Bogor Hejo Tato Mar­sito mengajak anak-anak bermaik kuis pohon dan linngkungan hidup. Mereka yang bisa menjawab per­tanyaan mendapatkan hadiah paket sembako dari Yayasan Indera Surya dan juga buku tulis dari donatur Bo­gor Hejo.

Para guru SDN Sindangbarang 3 pun ikut meramaikan acara edukasi pohon ini. Mereka berbaur bersama puluhan siswa yang sudah berbaris di halaman sekolah. Sementara po­hon yang ditanam adalah pohon buah sirsak sumbangan dari Pa­guyuban Budiasi. (*)

loading...