alfred-riedl-indonesia_1rph266k6pmxc1s3eabxqssx7nJAKARTA,TODAY-Timnas Indonesia dijadwalkan meng­gelar training center atau pe­musatan latihan sebagai per­siapan menghadapi Piala AFF 2016 pada November. Tim pelatih Alfred Riedl menilai TC idealnya diadakan pada empat sampai enam minggu sebelum Piala AFF.

Persiapan Timnas Indo­nesia menuju Piala AFF kini masih jauh dari ideal. PSSI baru akan membahas men­genai hal tersebut setelah ada keputusan bersama dari PT Gelora Trisula Semesta den­gan 18 klub TSC soal opsi me­kanisme pemanggilan pemai.

Terkait pemusatan latihan jelang turnamen Piala AFF, Asisten Pelatih, Wolfgang Pikal, mengatakan kalau TC kemungkinan digelar selama empat hingga enam minggu. Dia menilai jangka waktu tersebut sudah cukup ideal berdasarkan pengalamannya ketika persiapan di Piala AFF 2010 silam.

“Jelas penting persiapan bisa dilakukan 4-6 minggu se­belum Piala AFF. Dari pengal­aman saya di Piala AFF 2014 persiapan cuma satu minggu tapi hasil kurang maksimal. Sementara di 2010, kami pu­nya waktu persiapan lima minggu hasilnya cukup ba­gus, meski kami gagal juara,” ujar Wolfgang Pikal kepada detiksport, Selasa (19/7).

Indonesia telah dua kali gagal di Piala AFF dibawah asuhan Alfred Riedl. Yang pertama, pada tahun 2010, Indonesia kalah agregat 4-2 dalam final dua leg meng­hadapi Malaysia. Sementara di 2014 Indonesia gagal total karena tersingkir di fase grup.

“Kami ingin sama seperti 2010, dan harus optimistis juara dengan kerja keras dan fokus,” tegas Pikal.

Terkait pemain, pelatih asal Austria ini juga men­gisyaratkan bakal menggu­nakan lebih banyak pemain muda yang dikombinasikan dengan pemain senior. Per­bandingannya sekitar 80/20 atau 70/30.

“Saat Piala AFF 2010, ada 12 pemain baru di timnas dan hasilnya luar biasa. Kami pu­nya banyak pemain muda berbakat. Jangan kalah sebe­lum main, karena perjuangan harus step by step dan yakin bisa berprestasi,” tandasnya.(imam/net)

loading...