CIBINONG TODAY  – Bawang putih menjadi primadona menjelang Ramadhan ini. Di sejumlah pasar dan swalayan yang diperiksa Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) di wilayah Cibinong, pada Kamis (25/4/2019), bumbu masakan ini mengalami kelonjakan harga cukup tinggi.

“Harga bawang putih mengalami kenaikan menjadi Rp48 ribu dari harga sebelumnya Rp40 ribu perkilo,” ujar Kepala Bidang Perdagangan pada Disperdagin Kabupaten Bogor, Jona Sijabat, Jumat (26/4/2019).

Kendati demikian, Disperdagin Kabupaten Bogor memastikan harga pangan menjelang Ramadhan, masih relatif normal. Misalnya, kata Jona, untuk harga ayam dan daging sapi yang hingga saat ini berada dalam kondisi stabil.

“Ayam Rp35 ribu dan daging sapi itu Rp110 ribu. Belum ada lonjakan terlalu tinggi, masih bisa dikatakan dalam keadaan aman. Kecuali yang tadi, bawang putih naik sekitar 8 ribu,” ungkapnya.

Selain melakukan pengawasan terhadap sejumlah bahan pangan, Jona juga mengaku pihaknya ingin memastikan ketersediaan bahan makan menjelang Ramadhan ini berada dalam keadaan aman. Menurutnya, stok pangan menjadi salah satu hal yang menentukan naik atau turunnya harga bahan makanan.

“Stok bahan makanan ini memastikan kelancaran pasokan untuk masyarakat. Saat ini untuk stok masih aman dan harga masih cenderung stabil,” katanya menekankan.

Jona menegaskan Disperdagin akan terus melaksanakan kegiatan sidak tersebut hingga Ramadhan usai. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan pangan dan harganya berada dalam kondisi yang tidak terlalu mencolok.

“Kita akan terus pantau untuk harga dan ketersediaan pangannya di sejumlah pasar dan swalayan yang ada,” tandas Jona. (Asep B)