CIBINONG TODAY – Rombongan kunjungan kerja (Kunker) dari Kabupaten Jombang yang diterima langsung di Ruang Rapat Pendopo Bupati, pada Kamis 27 Juni 2019 kemarin. Dalam kunjungan ini, Kabupaten Jombang ingin belajar tentang Pilkades Elektronik atau E-Voting yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Ade Yasin mengatakan, Kabupaten Bogor sudah 2 kali melakukan tahapan pilkades dengan menggunakan sistem E-Voting. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah 2 kali melaksanakan pilkades dengan sistem elektronik atau E-Voting.

“Semua berjalan dengan lancar walaupun tentunya pasti masih ada saja kekurangan, tapi saya rasa dengan e voting lebih terjamin hasilnya, tanggal 3 November nanti kita juga akan melaksanakan pilkades dengan E-Voting untuk tahap ketiga,” kata Ade Yasin.

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab menjelaskan kedatangan ke Kabupaten Bogor untuk belajar tentang pilkades menggunakan sistem E-Voting dan juga mengetahui tahapan-tahapannya.

“Saya bersama rombongan datang kesini untuk meminta ilmu kepada Pemerintah Kabupaten Bogor terkait Pilkades dengan sistem elektronik atau E-Voting, Kabupaten Bogor sudah melaksanakan, jadi kita ingin tahu tahapan, perencanaan sampai biaya untuk menyelenggarakan Pilkades secara elektronik, mudah-mudahan Ibu Bupati Bogor dan jajarannya berkenan untuk memberikan ilmu dan pengalamannya dalam pelaksanaan Pilkades secara elektronik yang telah dilaksanakan disini,” jelas Mundjidah.

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Deni Ardiana mengatakan Pilkades dengan menggunakan E-Voting memerlukan kerja ekstra dan biaya yang lebih dibandingkan menggunakan sistem manual.

“Butuh kerja ekstra untuk penyelenggaraan Pilkades dengan sistem Elektronik atau E-Voting ini, mulai dari sosialisa yang lebih ekstra khususnya kepada orang tua atau lansia, menggunakan sistem E-Voting memang lebih keren dan terjamin, namun untuk lebih mudah yah secara manual,” imbuh Deni. (Asep B)

loading...