BOGOR TODAY – Tingginya intensitas curah hujan sejak Senin (21/9/2020) kemarin, membuat sungai meluap hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Oleh karenanya Bupati Bogor Ade Yasin mengeluarkan tujuh instruksi kepada semua jajarannya dan warga Kabupaten Bogor, untuk selalu siaga dan waspada terhadap bencana.

Ia meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan para camat se-Kabupaten Bogor agar selalu melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam melakukan mitigasi bencana.

“Curah hujan sepanjang hari kemarin dan hari ini mengakibatkan meluapnya beberapa sungai di Kabupaten Bogor. Melalui broadcast ini saya menginstruksikan BPBD dan camat untuk senantiasa waspada dan siaga,” kata Ade dalam keterangan tertulis, Selasa (22/9/2020).

Di sisi lain, Ade juga meminta BPBD dan camat menyiapkan tim siaga tanggap bencana di titik lokasi rawan bencana untuk melakukan pemetaan lokasi, menghitung risiko lanjutan dan mencari kawasan yang aman dan strategis dalam upaya evakuasi.

Ade juga ingin memastikan agar kebutuhan dasar korban bencana seperti sandang dan pangan tetap terpenuhi.

“Mengevakuasi warga yang tinggal di wilayah rawan ke lokasi yang aman. Dan tentunya agar tetap menjaga protokol kesehatan di lokasi,” ujar dia.

Semua jajaran, sambung Ade diminta untuk segera melakukan koordinasi di lapangan dengan unsur-unsur terkait seperti TNI/Polri, Basarnas dan melibatkan peran serta masyarakat setempat untuk mewaspadai terjadinya bencana. (Bambang Supriyadi)