BOGOR TODAY – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor mengadakan karya bakti Pramuka peduli pencegahan penyebaran dan penanganan masyarakat terdampak Covid-19 di lingkungan Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Bogor Barat, pada Rabu (8/7/2020).

Kegiatan yang berlangsung di aula Kecamatan Bogor Barat itu dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dan Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka Bogor Barat Juniarti Estiningsih.

Dedie A. Rachim mengapresiasi karya bakti pramuka peduli yang diadakan untuk ketiga kalinya tersebut. Ia menilai peran serta dari pramuka ini setidaknya telah membantu tugas Pemerintah Kota Bogor dalam penanganan masyarakat terdampak Covid-19.

“Tujuan dari kegiatan ini memberikan perhatian dari Pramuka untuk Pramuka. Jadi jika dikaitkan dengan pandemi Covid-19 tidak semuanya bisa ditanggulangi oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu dengan partisipasi dari Pramuka yang digagas Ka. Kwarcab meringankan dampak sosial Covid-19 di masyarakat,” ujarnya.

Dedie melanjutkan, tidak menutup kemungkinan Pramuka bisa menjadi agen pencegahan Covid-19. Sebab, Pramuka diketahui terlatih dan organisasinya dikenal solid serta memiliki jaringan anggota yang tersebar luas di Kota Bogor.

“Jadi dengan kondisi bencana Covid-19 ini, maka kita berharap semua Pramuka menjadi juga salah satu ujung tombak yang berperan serta mengajak masyarakat, membantu gugus tugas dan pemerintah dalam mencegah yang namanya prediksi dari para ahli epidemologi bahwa puncak pandemi Covid-19 akan terjadi di bulan Januari 2021,” tandasnya.

Sementara, Camat Kota Bogor Barat Juniarti Estiningsih menambahkan, bahwa pihaknya tentunya sangat mendukung karya bakti Pramuka peduli yang merupakan salah satu program dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor.

“Saya sebagai Ka. Mabiran sangat me-suport kegiatan ini, karena ini wujud nyata khususnya di masa pandemi Covid-19, dimana Kwaran dapat berbagi sesama khususnya terhadap masyarakat tidak yang mampu yang masih di jajaran pramuka itu sendiri,” katanya.

Selain pembagian paket sembako dan masker, kata Juniarti, seperti disampaikan wakil wali kota bahwa pramuka diharapkan juga menjadi pelopor dalam pencegahan penyebaran Covid-19. (Adit)