BOGOR TODAY – Tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor pada pukul 15.52 WIB hingga saat ini pukul 16.12 WIB kembali ke titik siaga. Meski sempat mengalami penurunan sejak pukul 13.00 WIB, Selasa 22 September 2020.

Meski demikian, hujan deras sudah mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung (Puncak Bogor) dan sekitarnya, sehingga potensi TMA sungai Ciliwung kembali naik diperkirakan akan kembali terjadi.

“Sementara ketinggian air ada di level 60 centimeter artinya masih siaga 4. Untuk cuaca di hulu masih terpantau hujan,’ kata Yuki Kusdian, Petugas Jaga Bendung, Katulampa.

Yuki mengimbau untuk masyarakat yang berada di bantaran Sungai Ciliwung agar tetap waspada. Saat ini pihaknya juga menyebut terus memantau perkembangan di wilayah luar Bogor, seperti Depok dan Jakarta.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko Bogor kembali memberikan peringatan dini cuaca di sekitar Bogor Puncak dan Cianjur (Bopunjur).

Bahwa pada tanggal 22 September 2020, pukul 11.55 WIB, wilayah Bopunjur, berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

“Kemudian pada pukul 12.00 WIB di wilayah Cisarua dan sekitarnya juga terjadi hal yang sama dan meluas hingga wilayah Kecamatan Megamendung, Gadog, Ciawi, Cipanas. Kondisi akan terus berlangsung hingga pukul 14.00 WIB,” ungkap Prakirawan BMKG Citeko Bogor. (Bambang Supriyadi)