alfian mujaniMASYARAKAT awam biasanya tidak berani melawan orang-orang yang dianggap berpang­kat tinggi, punya saudara berpangkat tinggi atau punya teman berpang­kat tinggi. Berpangkat tinggi yang dimaksud adalah memiliki kekua­saan yang bisa diandal­kan untuk menolong dan selalu memenang­kan dirinya dalam setiap permasalahan.

Memiliki orang-orang yang bisa diandalkan, biasanya seseorang itu berpotensi untuk som­bong, arogan, dzalim dan sebangsanya. Ingat, di atas langit itu masih ada langit. “Takutlah eng­kau kepada orang yang ketika memiliki masalah denganmu dia tidak memiliki penolong kecuali Allah SWT,’’ demikian kata para guru kehidupan.

Orang-orang yang biasa berucap dengan yakin: ‘’Cukup bagiku Allah sebagai Pelindung atau tak ada kekuatan dan kemampuan kecuali dengan izin Allah,’’ adalah orang-orang perka­sa yang telah melekatkan diri mereka kepada Dzat Yang Maha Kuat dan Kuasa. Orang-orang ini tak berlu repot-repot bertarung sendiri, tak perlu sibuk-sibuk melawan sendiri. Allah akan mengirimkan tentara-tentaranya untuk me­nyelesaikan urusan mereka. (*)

loading...