BOGOR, TODAY – Kepengurusan DPD Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) periode 2015-2018 menggelar seleksi terbuka untuk merekrut kader muda potensial untuk masuk kedalam kepengurusan.

Ketua tim formatur, M Burhani mengung­kapkan semua OKP, PK KNPI se-Kabupaten Bogor, para pemuda potensial bahkan pen­gurus DPD periode 2012-2015 bertugas un­tuk memberi rekomendasi atau usulan bakal calon (balon) pengurus KNPI.

“Prinsip keterbukaan yang kita kedepank­an. Makanya kita adakan open bidding ini. Karena KNPI merupakan wadah berhimpun pemuda,” ujar Burhani.

Tim formatur memberikan syarat adaya rekomendasi OKP atau PK KNPI, biodata leng­kap, pengalaman berorganisasi, riwayat pe­kerjaan hingga motto dan visi misi.

Bakal calon juga diminta untuk memapar­kan usulan atau konsep untuk membangun KNPI kedepan. “Data-data tersebut bisa dikirim via email [email protected] paling lambat 20 Oktober 2015,” lanjutnya.

Dirinya menjelaskan, setiap data yang ma­suk diseleksi oleh tim formatur dengan mem­pertimbangkan semua persyaratan yang di­lampirkan setiap balon.

“Data itu jadi bahan untuk tim dalam me­nentukan siapa yang layak masuk dalam kepengurusan,” tegasnya.

Anggota formatur, Egi Gunadhi Wibhawa merespon positif langkah tim formatur untuk menggelar rekrutmen terbuka. Menurut dia, ini kembali menunjukan pemuda bisa lebih mengedepankan musyawarah dalam menen­tukan arah organisasi KNPI.

“Ini hal positif yang bisa kita rasakan yang berawal dari Musda saat kita sepakat dengan musyawarah mufakat, bukan dengan voting. Sehingga ini membuat tidak ada faksi-faksi (kubu kalah/menang), sehingga pemuda Ka­bupaten Bogor bisa bersatu dan mengutamak­an kepentingan organisasi,” ujarnya.

Namun demikian, Egi menyanyangkan pengumuman baru dilakukan sekarang. “Seharusnya bisa dimulai dari minggu lalu setelah rapat formatur. Supaya waktu untuk seleksi bisa lebih panjang,” pungkasnya.

(Rishad Noviansyah)