BOGORTODAY – Kodam III/Siliwangi berkerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane melakukan peninjauan pengerjaan normalisasi di setu Cibuntu komplek LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (24/8/2020).

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, dalam rangka normalisasi setu ini meliputi pendalaman situ sedalam 3 meter, tanam pohon di sekitarnya serta tebar benih ikan.

“Karena ini sebagai penampungan air, sehingga musim kemarau masyarakat disekitar masih bisa mendapatkan air. Kita juga menanam pohon dan menebar ikan supaya airnya tetap ada,” katanya.

Selain itu, menurut Nugroho, seluruh wilayah Bogor Kota dan Kabupaten terdapat 101 setu, diantaranya 95 di Kabupaten dan sisanya di Kota Bogor.

“Tahun ini kita mendapatkan 7 situ kita bekerja dengan BBWS tahun lalu kita sudah 5 setu, mudah-mudahan tidak hanya 5 atau 7 setu dalam setahun, mungkin 20 atau 25 pertahun agar cepat selesai,” jelasnya.

Nugroho berharap, semua bisa merawat bukan hanya parat, tetapi semua masyarakat juga harus menjaga supaya situ ini bermanfaat.

“Apabila pihaknya mendapati luas situ berkurang juga akan tetap dikembalikan seperti semula dalam normalisasi tersebut,” pungkasnya. (Adit)