CIBINONG TODAY – Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor dalam rangka mengecek persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) karena Kabupaten Bogor termasuk salah satu daerah yang mengikuti Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Kami ingin tahu mengenai persoalan tentang daftar pemilih hingga persoalan pengawasan dan bagaimana soal calon,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Riza Patria, Selasa (27/3/2018).

Selain itu, koordinasi harus terus dilakukan dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait pencairan dana Pilkada dan pelaksanaan setiap tahapan Pilkada, termasuk koordinasi dengan aparat keamanan.

“Komunikasi harus juga dibangun oleh pemerintah daerah dengan tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat sebagai upaya menjaga stabilitas politik dalam negeri menjelang Pilkada,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor sudah siap untuk melaksanakan Pemilukada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Bogor dengan langkah-langkah yang sudah sepert untuk DPS itu kaitannya dengan perekaman sudah dilakukan jemput bola dan saat ini sedang dilakukan penyelesaian serta untuk pengamanannya pun sudah siap.

“Itulah pentingnya desk pemilu memfasilitasi kebutuhan dari KPU dan Panwaslu untuk mensukseskan Pemilukada,” kata Nurhayanti. (Daus)