HIV-AIDSBOGOR TODAY – Puluhan pemuda, kader kelurahan, dan petugas lapangan ikuti pelati­han Konselor HIV/AIDS yang diselenggarakan Komisi Pen­anggulangan Aids (KPA) Kota Bogor selama empat hari di Ge­dung Balai Diklat BKKBN Dinas Kesehatan Jl. Kesehatan Bogor, Senin (25/7/2016).

Kegiatan dihadiri Sekretaris KPA Kota Bogor Iwan Suryawan dan dibuka oleh dr. Edi Darma yang mewakili Kepala Dinas Ke­sehatan Kota Bogor.

Menurut Edi, para peserta yang mengikuti pelatihan kon­selor HIV/AIDS ini adalah mer­eka yang nantinya akan diter­junkan ke masyarakat dalam program ketahanan keluarga. “Sekarang ini jumlahnya 26 orang dan secara bertahap kami memberikan pelatihan kepada perwakilan dari 68 ke­lurahan,” ujar Edi.

“Saat ini Kota Bogor sudah memiliki tenaga konselor lebih dari 100 orang yang tersebar di seluruh puskesmas, rumah sakit, komunitas, PKK, karang taruna, dan organisasi ma­syarakat lainnya,” imbuhnya.

Edi menambahkan, upaya penanganan HIV AIDS sistem­nya sudah ada, begitu pula sa­rana kesehatan dan tenaganya. Sekarang yang perlu dilakukan program pencegahan agar jan­gan sampai terjadi penularan HIV di masyarakat. Melalui konselor yang sudah terlatih inilah masyarakat bisa berkon­sultasi atau sharing seputar HIV AIDS.

“Konselor inilah yang akan mengembalikan mereka yang keluar jalur, seperti PSK tidak lagi menjadi PSK, homoseksual kembali menjadi laki-laki sejati dan lesbian kembali menjadi wanita benar,” jelas Edi.

Agar para konselor tersebut bisa melakukan hal-hal seperti yang diharapkan maka mereka harus dibekali ilmu. “Nah, me­lalui pelatihan ini kami berikan ilmu tersebut sehingga pada saat diterjunkan ke lapangan, mereka bisa melaksanakan tu­gasnya dengan baik,” tandas Edi. (Abdul Kadir Basala­mah/ed:Mina)

loading...