kota-baru-MAJA-foto-KOZER-(2)PEMERINTAH Kabupaten Bogor tidak bisa berharap banyak dari pengembangan Kota Baru Maja yang bakal mencaplok Kecamatan Tenjo dan Parung Panjang. Pasalnya, Bumi Teger Beriman hanya menyumbang dua wilayahnya untuk prasarana jalan untuk area yang rencananya memiliki luas 10.900 hektare itu.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Kepala Badan Peren­canaan Pembangu­nan Daerah (Bap­peda) Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah menjelaskan, kerjasama yang ditandangangi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten termasuk di dalamnya Kabu­paten Bogor itu merupakan pro­gram Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU).

“Itu program KemenPU untuk membuat Kota Baru Maja. Sebagian besar sih ada di Provinsi Banten. Nah, Kabupat­en Bogor atau Jawa Barat, ada Kecamatan Tenjo dan Parung Panjang untuk prasarana jalan,” kata Syarifah kepada BOGOR TODAY, Rabu (13/7/2016).

Dengan kata lain, kata dia, kerja sama yang ditandatangani, hanya meliputi jalur transpor­tasi. Bukan untuk pengemban­gan wilayah di dua kecamatan itu. “Keuntungannya, mungkin hanya jalur lintasan yang bakal jadi bagus. Tapi tidak men­cakup hingga pengembangan wilayah,” tukasnya.

Meski begitu, Syarifah men­gaku tidak mengetahui kapan program itu direalisasikan. “Saya juga tidak tahu, kapan dimulainya. Siteplannya juga saya tidak punya,” tukasnya.

Sebelumnya, Bupati Bo­gor Nurhayanti mengaku senang dua Tenjo dan Pa­rung Panjang masuk dalam wilayah Kota Baru Maja. “Iya tidak apa-apa. Toh kan tidak keluar dari Kabupaten Bogor. Intinya mah, nanti sarana ja­lan di sana jadi bagus. Ini juga selaras dengan pembenahan perbatasan yang sedang kita gencarkan,” kata dia.

Rencana luas 10.900 hektare Kota Baru Maja itu, belumlah ter­masuk luas Kecamatan Parung Panjang yang mencapai 8.276 hektare. Nah, jika dikalkulasi­kan, luas keseluruhannya bisa mencapai 19.176 hektare atau 4,5 kali lipat luas Kota Cimahi.

Kecamatan Cisoka dan Ti­garaksa, Kabupaten tangerang menyumbang luas 2.650 hek­tare. Kecamatan Tenjo, Kabu­paten Bogor 3.000 hektare dan Kecamatan Maja, Kabu­paten Lebak seluas 5.250 hek­tare. (ed:Mina)

 

loading...