BOGOR TODAY – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor menggelar Musyawarah Daerah (Musda) II untuk pemilihan ketua dan pengurus baru periode 2020-2023 di Alin Coffee, Kota Bogor pada Minggu (18/10/2020).

Selain memilih ketua dan pengurus baru yang diikuti sekitar 20 fotografer media lokal dan nasional, dalam Musda II kali ini para fotografer dan jurnalis ini memaprkan hasil laporan pertanggungjawaban dari kepengurusan PFI Bogor sebelumnya periode 2016-2020.

Musda II berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan jaga jarak mengingat kondisi masih dalam pandemi Covid-19. Meski begitu, semangat memilih kepengurusan baru agar PFI Bogor lebih baik tetap ada dalam setiap diri anggota.

Ketua Panitia Musda II PFI Bogor, Andi M Ridwan memaparkan kegiatan Musda ini merupakan kegiatan rutin setiap tiga tahunan dalam memutuskan kepengurusan baru yang diharap dapat diisi dengan ide dan gagasan yang kreatif dan inovatif.

“Setiap empat tahun sekali kita gelar Musda untuk memilih kepengurusan baru. Siapa pun pengurus atau Ketua PFI Bogor baru nantinya saya harap dapat membawa PFI Bogor lebih bersinergi dan kompak lagi serta tetap semangat dalam berkarya,” kata Andi.

Ia menjelaskan bahwa organisasi PFI Bogor selama ini telah menjadi wadahnya para jurnalis foto di Bogor dalam berkarya dan mempertanggungjawabkan karya para anggota. Setiap tahun selalu dilaksanakan pameran foto mengenai Bogor Raya agar masyarakat dapat melihat kembali sejumlah peristiwa yang terjadi di Bogor Raya setahun belakangan.

Organisasi pewarta foto ini tak hanya berada di Bogor, juga tersebar di seluruh Indonesia dengan induknya di Jakarta sebagai pengurus pusat. “PFI sangat penting bagi teman-teman jurnalis foto sebagai wadah berkumpul, juga untuk meningkatkan profesionalisme serta sebagai payung yang akan mengadvokasi teman-teman jika bermasalah hukum dalam menjalankan tugas,” papar Andi.

Ditempat yang sama Ketua PFI Pusat, Reno Esnir mengatakan bahwa Musda PFI Bogor sudah sesuai syarat dalam pemilihan merujuk pada koridor organisai PFI Pusat. Demikian ia berharap dengan kepengurusan baru ini dapat menjadikan PFI Bogor sebagai wadahnya jurnalis foto yang kompak dan bersinergi dalam berkarya.

“Musda PFI Bogor ini sudah sesuai dengan syarat pemilihan merujuk induk PFI Pusat. Yang harus menjadi fokus utama adalah bagaimana PFI daerah dapat terus bersinergi dengan PFI Pusat. Saya ucapkan selamat bagi Hendi Novian yang terpilih sebagai Ketua PFI Bogor periode 2020-2023 semoga amanah dan sehat selalu,” ucapnya.

Sementara itu Ketua PFI Bogor yang baru terpilih Hendi Novian menargetkan akan terus memegang teguh kode etik jurnalistik bagi para anggotanya dalam berkarya sesuai dengan aturan yang berlaku. “PFI Bogor akan terus menjaga kekompakan dan tentu lebih sering koordinasi mendengar aspirasi dari para anggotanya. Kedepan, PFI Bogor akan menjalin komuniksi dan kerjasama dengan pihak lain termasuk intansi pemerintahan atau non pemerintahan,” ungkap pria yang akrab disapa Kozer ini. (Adit)