CIBINONG TODAY – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor berencana membuat laboratorium pemilu yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk belajar soal kepmiluan.

Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni menjelaskan, keinginan dibuatnya laboratorium sudah ada sejak lama.

“Kami ingin ada satu tempat sebagai sumber informasi penyelenggaran pemilu, politik, demokrasi dan lainnya,” kata Ummi, Jumat (22/11/2019).

Menurutnya, laboratorium nantinya dilengkapi dengan berbagai data digital terkait kepemiluan. Selain itu, laboratorium ini akan memiliki alat simulasi, audio visual dan lainnya.

Ummi menilai, laboratorium itu nanti bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin belajar demokrasi dan kepemiluan di Kantor KPU langsung.

“Nanti terbuka untuk umum, untuk masyarakat luas, baik pelajar atau non pelajar,” ungkapnya.

Namun sejauh ini, Ummi mengaku keinginan tersebut masih dalam tahap perencanaan. Ia berharap di 2020 laboratorium ini sudah mulai bisa digarap.

“Kami sih merencanakan di anggaran tahun 2020 untuk laboratorium pemilu. Sekarang juga sudah mulai disiapkan seperti data-data dan lainnya. Kita sudah scan SK, data penyelenggara pemilu dan lainnya. Jadi formatnya digital nanti. Ya mudah-mudahan bisa terwujud,” tandas Ummi. (Firdaus)

loading...