BANYUWANGI TODAY – Pecinta makanan pedas wajib mencicipi Sego Tempong Mbok Wah. Makanan yang satu ini termasuk salah satu kuliner khas Banyuwangi.

Rasa benar-benar mantap dan siap menggoyang lidah penikmatnya. Dikutip Travelingyuk, Sego Tempong Mbok Wah terletak di dekat Stasiun Karangasem. Tempatnya memang masuk gang, perkampungan kawasan Kelurahan Bakungan, Jalan Gembrung no. 220, Glagah, Banyuwangi.

Meski sederhana, kedai ini menyediakan tempat yang nyaman dan tentu saja menghadirkan makanan dengan cita rasa yang menggoda.

Kuliner yang biasa disajikan bersama sambal pedas ini memiliki dua suku kata. Sego berarti nasi dalam bahasa Jawa, sementara tempong artinya tampar. Hal tersebut menggambarkan sensasi lidah yang serasa ditampar seusai merasakan pedasnya sajian tradisional ini.

Sensasi pedas kuliner Mbok Wah memang tidak bisa hilang begitu saja. Pedasnya tak hanya sekadar pedas, tetapi dikombinasikan dengan bumbu khas. Sambal racikan sangat memanjakan lidah. Elemen khas ini terdiri dari campuran cabe rawit, tomat ranti, terasi, gula dan garam. Tak lupa ditambahkan sedikit perasan jeruk limau yang membuat aromanya makin sedap.

Satu porsi sego tempong disajikan dengan nasi putih, lauk, serta aneka sayuran rebus dan lalapan segar. Anda bisa memilih sendiri aneka macam lauk sesuai selera. Tak perlu khawatir soal harga. Pasalnya, semua menu Sego Tempong Mbah Wah relatif ramah kantong. (muti/pkl/net).

 

loading...