Eko-Prabowo-KUMKMBOGOR TODAY – Kemajuan koperasi di Kota Bogor terus mengalami peningkatan dan kemajuan, walaupun banyak juga koperasi yang gulung tikar maupun tidak aktif. Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas UMKM terus melakukan pemberday­aan dan kemajuan koperasi, se­hingga Dewan Koperasi Indone­sia (Dekopin) Kota Bogor terus memberikan dukungan maupun support terhadap koperasi di Kota Bogor.

Ralam rangka HUT Koperasi ke 69 tingkat Kota Bogor, Deko­pin bekerjasama dengan Dinas UMKM Kota Bogor akan meng­gelar berbagai kegiatan, dian­taranya kegiatan donor darah, bazaar dan pameran UKM UKM Kota Bogor.

Ketua Dewan Koperasi Indo­nesia (Dekopin) Kota Bogor, Jajat Sudrajat mengatakan, Dekopin terus memotivasi koperasi-kop­erasi di Kota Bogor agar mam­pu meningkatkan kinerjanya, karena koperasi itu daya dukung ekonomi kerakyatan. Berdasar­kan data dari Dinas UMKM, jumlah koperasi di Kota Bogor sebanyak 697 koperasi dan yang aktif sekitar 150. Karena tidak terkelola dengan baik, sehing­ga banyak koperasi yang tidak maju berkembang maupun ti­dak ada aktifitas di koperasi.

“Kami akan membuat ren­cana untuk mensuport dan mendukung penuh upaya pen­ingkatan kemajuan koperasi koperasi di Kota Bogor. Untuk koperasi yang tidak aktif akan dilakukan pendampingan kalau tidak bisa berarti koperasi terse­but di likuidasi,” katanya.

Terkait berbagai kegiatan H U T Koper­asi, Ketua panitia Nadjib Soewar­no menjelaskan, kegiatan yang akan digelar diantaranya Donor Darah yang bekerjasama den­gan PMI. Target donor darah mendapatkan 200 kantong da­rah minimal. Sedangkan untuk pameran dan bazar UKM, den­gan menampilkan 30 stand UKM dan semuanya berlokasi di Ba­laikota dari tanggal 29 untuk do­nor darah dan tanggal 1-3 untuk pameran dan bazaar. “Tujuan dilaksanakannya gebyar, kami dari Dekopin ingin membangkit­kan semangat dan memotivasi koperasi koperasi di Kota Bogor. Acara juga nanti akan ditutup oleh upacara peringatan HUT Koperasi yang dilaksanakan di Balaikota,” jelasnya.

Kepala Dinas UMKM Kota Bo­gor, Eko Prabowo mengatakan, dengan bertambahnya usia kop­erasi di Kota Bogor, harus lebih dewasa, mandiri sebagai guru perekonomian di Indonesia. “Koperasi ini selalu berupaya dalam mewujudkan kes­ejahteraan yang hakiki di masyarakat. Kami ber­harap seluruh kopera­si di Kota Bogor terus maju berkembang,” harapnya.

(Abdul Kadir Basalamah)

loading...