CIBINONG TODAY – Ada cara menarik yang dilakukan SMAN 4 Cibinong (Smafour) dalam menjaga dan melestarikan budaya tradisional, salah satunya permainan tradisional Sunda seperti, Egrang, Bakiak dan lainnya.

“Tujuan adanya acara tersebut ialah, ingi melestarikan permainan tradisional, karena permainan-permainan tradisional saat ini hampir dilupakan oleh masyarakat terutama anak muda sekarang,” ucap Adnan salah seorang guru di SMAN 4 Cibinong.

Terdapat macam-macam perlombaan dalam acara Classmeeting Tradisional itu, salah satunya lomba Bakiak dan masih banyak lomba-lomba lainnya.  “Para siswa maupun siswi di SMAN 4 Cibinong wajib mengikuti kegiatan tersebut, karena kegiatan itu masuk dalam program Jawa Barat,” tegas Adnan.

Dia menjelaskan, semua siswa dan siswi di Smafour akan tanding antar kelas untuk berebut menjadi juara. Acaranya akan berlangsung selama 4 hari. Para murid wajib datang ke sekolah pada pukul 07.00 WIB seperti hari-hari sekolah biasa.

“Agar para siswa dan siswi hadir, para guru menekankan lewat absensi. Itu adalah salah satu cara untuk membantu kemajuan acara tersebut. Dan para guru juga mengumpulkan anggota OSIS untuk membantu jalannya acara tersebut,” tuturnya.

Adnan berpesan, bagi warga Jawa Barat khususnya daerah Cibinong, harus tetap melestarikan budaya tradisional Sunda. “Dan harus membiasakan berbahasa Sunda agar budaya kita tidak terlupakan begitu saja,” pungkasnya. (Fadya / PKL)

loading...