BOGOR TODAY – Antusiasme warga dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 turut melaksanakan berbagai rangkaian perlombaan. Salah satunya Lomba mural tembok kampung antar RW sepanjang 50 meter di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Cihideung Udik, H. Denny menjelaskan, atas surat edaran dari Pemkab yang meniadakan upacara HUT RI ke-75, warga para pemuda Cihideung Udik mempunyai terobosan tersendiri dalam melaksanakan berbagai macam cara untuk menjaga kehidmatan juga menjunjung tinggi rasa nasionalisme yang memang selama ini kita ingin kuatkan oleh generasi kita.

Menurutnya, perlombaan yang terselenggara atas kerjasama karang taruna Desa Cihideung Udik yang membentuk tim panitia tingkat desa untuk 10 mata lomba yang diselenggarakan.

“Diantaranya lomba hias gapura, mural tembok, tenis meja, bulutangkis, catur, mojang jajaka dan perlombaan yang mengangkat kearifan lokal dalam memberikan keleluasaan untuk wilayah RT/RW untuk memperingati hari kemerdekaan,” ujar Denny kepada BogorToday, Sabtu (15/8/2020).

Denny pun merasa bersyukur atas antusias warga yang sangat luar biasa, tidak hanya anak muda tetapi banyak juga kreator mural yang sudah berusia lanjut. “Kita tanya ke warga, alasannya ingin berpartisipasi dalam rangka memperingati hari kemerdekaan,” katanya.

Terkait hal ini, dari segi penilaian yakni tema, komposisi warna dan estetika secara keseluruhan sesuai konsep yang dibuat saat pendaftaran soal peringatan di hari kemerdekaan dan sisuasi pandemi Covid-19 yang kita angkat.

Sejauh ini, Denny sudah mulai menginventarisasi dan merilis potensi diwilyah contohnya ada calon atlit catur, tenis meja dan bulutangkis yang nanti akan kita konsentrasi dalam pembinaan.

“Karena kita ingin putra Desa Cihideung Udik bisa menjadi dan punya prestasi dikancah baik ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional, lebih-lebih dtingkat Dunia,” pungkasnya. (Adit)