LAPR1713NAMA Roberto Mancini tiba-tiba saja mencuat ke permukaan dan kembali dikabarkan bakal heng­kang dari Inter Milan. Un­tuk penggantinya, nama Frank de Boer masuk bur­sa allenatore di Stadion Giuseppe Meazza.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Inter baru saja menuai keka­lahan saat berhadapan den­gan Paris Saint-Germain. Di pertandingan Interna­tional Champions Cup yang berlangsung di Autzen Stadium Stadium, Eugene, Oregon, Senin (25/7/2016) dinihari WIB, mereka kalah dengan skor akhir 1-3.

Akibat kekalahan itu, masa de­pan Mancini kian dipertanyakan. Mancio juga sudah bertemu den­gan presiden Inter, Erick Thohir di sela-sela tur Inter ke Amerika Seri­kat. Sebelumnya, Mancini dikabar­kan akan hengkang karena disebut sudah tak percaya dengan proyek yang sedang dijalankan Inter ber­sama dengan petinggi-petingginya.

Soal hasil pertemuan itu, Mancini bilang masih belum ada perkembangan berarti. Sementara media-media Italia sudah menu­lis bahwa nasibnya akan ditentu­kan beberapa hari lagi. “Tak ada yang bisa dikatakan mengenai hal itu. Situasinya normal, hanya sep­erti dua musim lalu. Tak ada yang berubah, kita tunggu saja yang terjadi dalam beberapa hari lagi,” kata Mancini di situs resmi Inter.

Mancini gagal mewujudkan am­bisi untuk membawa Inter lolos ke Liga Champions musim 2016- 17. Mereka harus puas hanya lolos ke Liga Europa karena mengakhiri musim di posisi empat klasemen.

Mancini, yang masih punya sisa kontrak setahun dengan Inter, kabarnya berselisih dengan pihak klub akhir-akhir ini. Pelatih 51 tahun itu disebut-sebut berbeda pandangan dengan pemilik baru Inter, Suning Group, soal kebijakan transfer.

Suning Group ingin fokus pada pemain-pemain muda, sementara Mancini meminta pemain-pemain yang lebih ber­pengalaman. Inter berambisi lolos ke Liga Champions, se­mentara Mancini merasa skuat yang dimilikinya tidak cukup tangguh untuk memenuhi target tersebut dan berharap ada suntikan pemain-pemain baru.

De Boer sendiri dikaitkan sebagai suksesor Mancini di Inter. Namun, sang agen, Guido Albers mengaku belum mendengar apapun soal spekulasi itu. “Kami belum mendengar apapun dari Inter,” terang Albers kepada Voetbal International.

Pria asal Belanda itu sekarang menganggur setelah mun­dur dari Ajax Amsterdam beberapa waktu lalu. “Mereka adalah klub yang bagus. Namun, pada saat ini kami cuma bisa menunggu,” lanjut Albers.

Namun, Direktur Olahraga Inter Milan, Piero Ausilio, optimis­tis Roberto Mancini tak akan meninggalkan Inter Milan. Ausilio pun mencoba untuk meredam rumor tersebut. Dia mengatakan tak ada masalah dengan keberadaan para pemain senior.

“Saya sering bicara dengan dia, tapi ini tentang sepak­bola. Presiden yang tahu seperti apa yang sebenarnya. Saya terlibat saat saya ke Amerika Serikat tapi saya tak tahu apa­pun soal hal-hal khusus. Kami membicrakakan soal pasar, negosiasi, dan siapa saja pemain yang akan didatangkan,” kata Ausilio seperti dikutip Football Italia.

“Yang saya ketahui adalah dia tak pernah mengubah pendapatnya. Dia telah memulai proyek bersama kami. Kami hanya memikirkan bagaimana dia bisa memperbaiki Inter. Kami bekerja dengan baik bersama (Ever) Banega, (Cristian) Ansaldi and (Caner) Erkin. Kami akan meraih ses­uatu dan kami tengah mengerjakannya.

“Tak ada nama yang khusus. Kami memang selalu men­datangkan pemain-pemain muda meskipun akademi pe­main muda kami mampu mencetak pemain setiap tahunnya. Pemain muda bisa direkrut atau dicetak di rumah sendiri. Kami tahu cara membentuknya,” kata dia.

“Pemilik klub baru satu bulan ada di sini, kalian tak bisa ber­harap mereka melakukan hal-hal yang dilakukan klub lain selama bertahun-tahun dalam satu musim. Kami telah merancang proyek yang bagus yang sudah dimulai di bawah pemilik yang lama. Itu akan mengubah Inter menuju sebuah tim juara,” ucap dia. (*/Dts)

 

loading...