JAKARTA TODAY – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru-baru ini menerbitkan aturan mengenai penurunan tarif batas atas tiket pesawat kelas ekonomi sebesar 12-16%. Aturan ini kemudian disusul oleh penyesuaiaan harga oleh beberapa maskapai.

Namun, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku sampai saat ini keluhan mengenai mahalnya harga tiket pesawat masih banyak didengarnya. Hal ini menurutnya akan menjadi salah satu perhatian utamanya jelang mudik Lebaran nanti.

“Berkaitan dengan angkutan udara, keluhan tentang tarif masih banyak,” kata Budi, Selasa (21/5/2019).

Untuk mengatasi hal tersebut, Menhub telah meminta Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti untuk berdiskusi langsung dengan pihak maskapai. Diskusi ini diharapkan mampu mendorong maskapai untuk menekan tarif yang dikenakan pada periode perayaan hari raya Idul Fitri nanti.

“Sebaiknya memang dirjen udara bicara hati ke hati, minimal seminggu atau setelah seminggu tarifnya jangan mentok ke atas. Diajak satu diskusi yang baik,” tuturnya.

Sebagai informasi, Budi beberapa hari lalu mengatakan, berdasarkan pantauan yang dilakukan, sebagian besar maskapai telah memangkas harga tiket pesawat sesuai tarif batas atas. Menurutnya, harga tiket pesawat saat ini sudah turun rata-rata 15%. Hal ini sesuai dengan instruksi penurunan tarif batas atas di kisaran 12-16%. (net)

loading...