CIBINONG TODAY – Pejabat sementara (Pjs) Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanuddin menegaskan Pemekaran Bogor Barat (Bobar) untuk menjadi Kabupaten sudah masuk di daftar 57 daerah yang bakal menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) se- Indonesia.

Menurut Burhan untuk di Jawa Barat, Bobar masuk tiga dari dua daerah lainya yang bakal mekar. Yakni dikatakan Burhan Sukabumi Utara, Garut Selatan. “Dan Bobar itu bakal terlebih dahulu dari pada Bogor Timur,” tegas Burhan,  kepada Wartawan, baru-baru ini.

Kenapa demikian karena sambung Burhan Bobar secara administrasi dan persyaratan sudah memenuhi kriteria untuk jadi DOB. “Sumber Daya Manusia (SDM) siap, sumber Anggaran Daerah (PAD) siap, dan sarana juga siap jadi lebih dulu Bobar dari pada Timur,” tegas Burhan.

Untuk kapannya sambung ia, tinggal menunggu moratorium Presiden Jokowi Dodo. “Yang jelas secara administrasi udah lengkap untuk Bobar tinggal tunggu moratorium dari Pak Jokowi saja,” kata Burhan.

Sementara itu, salah seorang Pemerhati Pendidikan di Bogor Barat, Budiantoro mengatakan dengan terlebih dahulu Bobar yang rencana ibu kota kabupaten nya yang berada dilokasi kecamatan Cigudeg itu, akan menjadi Kabupaten tersendiri lebih dulu, tentu memang sudah selayaknya untuk mekar. Perjuangan dari beberapa dedengkot dan masyarakat di Bobar untuk mekar memang sudah dinantikan sangat lama.

“Jangan hanya jadi wacana terus, dengan mekarnya Kabupaten Bobar menjadi Kabupaten tersendiri, tentu dapat menjadi kemajuan pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat yang ada diwilayah Bogor barat yang selama ini jauh tertinggal di pelosok, sehingga Bobar bisa menjadi perhatian serius dan lebih fokus untuk diperhatikan oleh Pemerintah Pusat,” pungkasnya. (Agus)

loading...