motogp-2015PENGGUNAAN bahan serat karbon mulai marak diaplikasi­kan pada produksi masal. Bahan serat karbon sendiri populer di gunakan pada motor MotoGP atau mobil balap seperti F1. Yang ajaib, serat karbon ini lebih kuat dari besi, namun lebih ringan.

Serat karbon merupakan salah satu bentuk material kom­posit. Material komposit adalah suatu material yang dibuat dari dua atau lebih material penyu­sun yang saling memiliki perbe­daan sifat fisik dan kimia, yang jika dikombinasikan akan meng­hasilkan material berkarakter­istik berbeda dengan material-material penyusunnya.

Komposit serat karbon meru­pakan salah satu jenis material komposit yang menggunakan fiber karbon sebagai salah satu penyusunnya.

Material komposit tersusun atas dua komponen utama yakni matriks dan material penguat (reinforcement). Fiber karbon bertugas sebagai material pen­guat pada komposit serat kar­bon.

Sedangkan untuk matriksnya biasanya dipergunakan resin po­limer semacam epoxy. Matriks resin ini berfungsi untuk mengi­kat material-material penguat. Dikarenakan serat karbon hanya tersusun oleh dua material terse­but maka sifat-sifat serat karbon juga hanya ditentukan oleh ked­ua material ini.

Sifat dari karbon fiber dipen­garuhi oleh beberapa faktor. Satu faktor yang paling utama adalah arah atau alur serat kar­bon. Berbeda dengan material logam, karbon fiber khususnya dan material komposit lain pada umumnya, disebut sebagai ma­terial anisotropik.

Maksudnya adalah sifat prop­erti material ini dipengaruhi oleh bentuk dan arah serat penyusun­nya. Sehingga kekuatan kar­bon fiber sangat bergantung terhadap bentuk dan arah se­rat karbon penyusunnya.

Di sisi lain, material-material semacam logam, plastik, dan berbagai ma­cam lainnya memiliki sifat yang tetap sekalipun ben­tuk dan arah butir-butir molekulnya berbeda-be­da.

Karena hal-hal tersebutlah serat karbon menjadi pilihan dalam membangun mobil F1 dan motor MotoGP, serta mo­bil sport eksotis.

(hilman/net)

loading...