r80OpNsSURREY- Mercedes AMG-Petronas memang mendomi­nasi ajang balap Formula 1 (F1) dalam dua musim terakhir dan berlanjut hingga musim 2016. Saat ini, kedua driver mereka, Nico Rosberg dan Lewis Ham­ilton masih nyaman berada di tempat teratas perolehan poin sementara.

Hal ini jelas membuat Mer­cedes sebagai public enemies. Se­luruh tim di F1, bersikeras untuk menghentikan dominasi tim yang bermarkas di Brackley, Inggris tersebut. Salah satunya adalah McLaren-Honda.

Test driver McLaren, Stoffel Vandoorne mengatakan Mer­cedes juga pasti memiliki kelema­han yang bisa dimanfaatkan. Oleh karena itu, pebalap asal Berlgia tersebut mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan performa mobilnya.

“Kami fokus pada kelema­han mobil dan mencoba untuk berada di atas mereka (tim lain). Bahkan Mercedes sekalipun juga memiliki beberapa kelemahan, dan sebagai pembalap, Anda se­lalu ingin lebih dari semuanya jadi itu akan mendorong Anda,” jelas Vandoorne, seperti dilansir Crash, Senin (18/7/2016).

Vandoorne juga mengaku puas dengan kinerja mobil se­lama sesi uji coba di Sikuit Silverstone, Inggris be­berapa waktu lalu. Meski begitu, ia tak ingin cepat besar kepala dengan apa yang su­dah dicapai. Menurutnya, masih ada beberapa perubahan yang mesti dilakukan agar mobil lebih kompetitif.

Meski tidak mudah, ia men­gatakan akan terus berusaha se­maksimal mungkin dengan ban­tuan seluruh tim. “Kami masih terus melakukan pengembangan dan mencoba untuk menyele­saikan beberapa masalah yang kami punya selama balapan,” kata Vandoorne.

“Hal ini tidak selalu mudah karena tekanan angin berubah banyak di sini, setiap hari, dan mem­buat per­b e d a a n yang cu­kup besar pada keseimbangan mobil. Tapi kami akan terus men­coba,” lanjut pembalap yang ber­laga di ajang GP2 tersebut.

Kendati demikian, Vandoorne tetap merasa ada peningkatan yang dilakukan McLaren sejauh ini jika dibandingkan dengan tes di Barcelona lalu. Saat itu, pe­balap 24 tahun tersebut juga tu­run sebagai test driver bagi Tim McLaren.

Vandoorne yang turun di tes hari kedua berhasil menempati posisi lima dengan catatan waktu 1 menit 31,764 detik. Sementara itu, pembalap dari Tim Mercedes, Kimi Raikkonen, sukses menjadi yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 30,665 de­tik. (Rishad/Net)

loading...