BOGOR TODAY – Bupati Bogor Ade Yasin telah bersinergi dengan Tujuh Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Bogor yang telah lulus seleksi program “Beli Kreatif Lokal” tingkat nasional. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kepada masyarakat tingkat Lokal, Nasional hingga Internasional.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, pihaknya melihat produk dari tujuh Ekraf yang ditampilkan memiliki kualitas sangat baik dan berkelas, bahkan tidak kalah saing dengan sejumlah produk bermerek yang dijual dipasaran. Sehingga siap dan bisa bersaing, karena sudah lulus dalam program Beli Kreatif Lokal yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf)  RI.

“Saya berharap UMKM di Kabupaten Bogor ini bisa terus tumbuh, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bogor. Untuk tujuh Ekraf yang lulus program Beli Kreatif Lokal tingkat nasional, harus menjaga kualitas bahkan bisa meningkatkan lebih baik lagi,” kata Ade Yasin.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat menuturkan, melalui kegiatan itu tidak saja dapat meningkatkan promosi juga dapat menjadi sarana peningkatan kualitas produk. Sehingga saat dilakukan pemasaran bisa diterima oleh pasar dan masyarakat luas.

 “Saya berharap agar terus menjaga kualitas Ekraf dan UMKM Kabupaten Bogor. Kita akan terus lakukan pendampingan, pembinaan mulai dari peningkatan kualitas produk hingga pemasaran,” tutur Asep.

Menurutnya, untuk meningkatkan pemasaran pihaknya akan menyediakan tempat atau galeri UMKM melalui kerjasama dengan sejumlah perusahaan swasta ternama. Seperti pojok UMKM di Hipermarket Lulu Hipermart, IKEA dan sejumlah mall di Kabupaten Bogor.

“Kita sedang dorong supaya ada satu galeri UMKM, semua produk UMKM se-Kabupaten Bogor digabung. Sehingga UMKM bisa memasarkan produk sesuai komoditinya masing-masing disetiap Kecamatan,” tegasnya.

Di tempat yang sama, salah satu pelaku UMKM Djedjak Daun, Yanti mengaku senang bisa bertemu dengan Bupati Bogor Ade Yasin untuk sharing dan menyampaikan aspirasi para UMKM Kabupaten Bogor. 

“Ini menjadi penyemangat dan motivasi kami untuk terus meningkatkan produk dengan kualitas terbaik. Tentunya untuk mengharumkan Kabupaten Bogor baik tingkat nasional bahkan mancanegara,” ungkap Yanti. (Adit)